Komisi III DPR RI Kawal dan Tindaklanjuti Laporan Dugaan Penyelewengan Program PEN Subsektor Film

- Selasa, 7 Desember 2021 | 22:53 WIB
PSMPI dan TPF PEN Subsektor Film dengan anggota Komisi III DPR RI (Bb)
PSMPI dan TPF PEN Subsektor Film dengan anggota Komisi III DPR RI (Bb)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Wakil Ketua Komisi III DPR RI Sultan Haji Khairul Saleh berjanji akan mengawal sekaligus menindaklanjuti laporan dugaan penyelewengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Subsektor Film.

Tindak lanjut laporan yang diberikan oleh Kongres Peran Serta Masyarakat Perfilman Indonesia (PSMPI) di bawah pimpinan Sonny Pudjisasono, bersama Tim Pencari Fakta (TPF) program PEN Subsektor Film yang diketuai Gusti Randa, itu terjadi setelah Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Komisi III DPR RI, Selasa (7/12/2021) sore.

Sultan Haji Khairul Saleh, yang didampingi sejumlah anggota Komisi III DPR RI, diantaranya Trimedya Panjaitan, Santoso, dan Hendra berjanji akan memanggil sejumlah pihak yang terkait dalam persoalan ini, terutama sesuai dengan bidang kerja Komisi III. Yaitu hukum, hak asasi manusia, dan keamanan.

Gusti Randa dan Sonny Pudjisasono (Bb)

"Sebelum kami reses pada tanggal 16 Desember ini semoga kami bisa menghadirkan Kapolri, dan sejumlah pihak terkait, termasuk sejumlah pejabat terkait," kata Sultan Haji Khairul Saleh.

Baca Juga: Musica Studios dkk Seperti Perompak Menjerit Dirampok

Sebelumnya, anggota Komisi III lainnya, Santoso mengatakan, selain ke DPR RI persoalan sengkarut program PEN Subsektor Film ini sudah diadukan ke mana saja. Apakah sudah dilaporkan ke Bareskrim, BPK, KPK bahkan Kemenparekraf RI sendiri, yang membawahi program ini.

"Mudah-mudahan ini diekspos media, agar sektor lain (yang mendapatkan program PEN) bisa juga melaporkan. Ini harus menjadi atensi kita. PEN itu minjem (dananya), baik yang dialokasikan untuk pemerintah Pusat atau pemerintah Daerah. Agar tidak dijadikan bancakan oknum yang berkonspirasi mencari keuntungan. Ini harus kita tindak," kata Santoso.

Santoso meyakini, jika benar terjadi penyimpangan penggunaan dan prosedur pembagian dana PEN Subsektor Film, pasti di luar maksud dan sepengetahuan Presiden.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Faktor Ini Cegah Politik Uang

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:04 WIB

Ketua DPD Dorong Pekerja Sektor Digital Dilindungi

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:42 WIB

Pemilih Muda Perlu Mendapat Perhatian Khusus

Selasa, 6 Desember 2022 | 15:28 WIB
X