PVMBG: Warga Diminta Waspada Awan Panas Semeru Masih Potensi Terjadi

- Minggu, 12 Desember 2021 | 21:12 WIB
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan awan panas guguran di Gunung Semeru masih berpotensi terjadi  (Instagram@pvmbg)
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan awan panas guguran di Gunung Semeru masih berpotensi terjadi (Instagram@pvmbg)

Jakarta,suaramerdeka-jakarta.com‐ Pihak pihak terkait berupaya terus mengingatkan kepada masyarakat agar tidak kembali dahulu ke desa terdekat gunung semeru.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan awan panas guguran di Gunung Semeru masih berpotensi terjadi meskipun intensitas dan jarak luncurnya lebih kecil dibandingkan 4 Desember lalu.

Kepala PVMBG, Andiani mengatakan hal ini berdasarkan pemantauan terhadap aktivitas visual dan kegempaan Gunung Semeru yang saat ini berada dalam status level 2.

"Pemantauan visual dan kegempaan berfluktuatif awan panas guguran masih berpotensi terjadi seiring dengan guguran yang hingga pukul 12.00 tadi siang masih teramati," kata Andiani dalam konferensi pers virtual, Minggu (12/12).

Andiani menjelaskan berdasarkan pemantauan yang pihaknya lakukan hingga hari ini secara visual masih terlihat asap putih tebal dari kawah Jonggring Saloko dengan ketinggian 500-1000 meter di atas puncak Gunung Semeru.

Baca Juga: Menparekraf Terharu Antusiasme Pemulihan Pariwisata

Pada malam hari, juga terlihat api diam, sinar api dari kawah Gunung Semeru, dan ujung lidah lava dengan jarak 1.400 meter dari kawah.

"Pemantauan api diam dan sinar api ini berasosiasi dengan material lava yang bersuhu tinggi teramati guguran lava mencapai jarak luncur 200 meter dari ujung lidah lava," kata Andiani.

Kemudian, mayoritas kegempaan merupakan gempa permukaan yakni, 14 kali gempa letusan, 3 kali gempa guguran, dan 11 kali gempa hembusan.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rian Ernest Resmi Jadi Kader MKGR

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:21 WIB

Instruksi Jokowi, Stabilkan Harga Beras!

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:43 WIB

Perayaan Natal Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2022

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:27 WIB

Ke Pasar Beringharjo, Ibu Iriana: Ayo Borong

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:20 WIB
X