Hakim Tak Penjara Rachel Vennya Dengan Alasan Sopan, Budayawan Sujiwo Tejo Bikin Video Tutorial Begini

- Rabu, 15 Desember 2021 | 12:14 WIB
Budayawan Sudjiwo Tedjo membikin video satir menyindir keputusan hakim Pengadilan Negeri Tangerang yang tak memenjarakan selebgram Rachel Vennya dengan alasan sopan
Budayawan Sudjiwo Tedjo membikin video satir menyindir keputusan hakim Pengadilan Negeri Tangerang yang tak memenjarakan selebgram Rachel Vennya dengan alasan sopan

JAKARTA suaramerdeka.jakarta.com - Budayawan Sudjiwo Tedjo terusik dengan putusan Hakim Pengadilan Negeri Tangerang yang hanya menjatuhkan hukuman masa percobaan delapan bulan kepada selebgram Rachel Vennya yang kabur dari karantina kesehatan.

Dengan vonis tersebut Pengadilan Negeri Tangerang menyatakan Rachel Vennya bersalah, namun yang bersangkutan harus menjalani hukuman kurungan asal selama delapan bulan masa percobaan tidak melakukan perbuatan pidana.

Vonis hakim Pengadilan Negeri Tangerang terhadap Rachel Vennya tersebut menjadi bahan cibiran warganet karena mencederai rasa keadilan. Tak terkecuali datang dari Mbah Tedjo, begitu mantan wartawan yang kini "banting setir" jadi dalang, pelukis dan pengamat politik-sosial.

Baca Juga: Jangan Kaget Ya.. Kalau Sebentar Lagi Lihat Bu Susi Pudjiastuti Berhaji dan Berjilbab

Namanya budayawan, Sudjiwo Tedjo tidak mengekspresikan cibiran itu dalam bentuk umpatan dan sumpah serapah. Tapi dalam bentuk video berisi satir kepada para pengadil yang tak berlaku adil.

Video sindiran itu diunggah oleh pemilik pemilik akun Twitter @cobeh2021 bernama Agus Susanto III.

Mbah Tedjo yang tampil mengenakan sarung batik biru dan baju koko putih dipadu dengan peci hitam tampak berjalan membungkuk memperagakan unggah-ungguh layaknya abdi dalem keraton sedang berjalan di depan sang raja.

Baca Juga: Seluruh Atap JIS Tertutup, Netizen Berdecak Lihat Penampakan Terbaru Stadion Kebanggaan Jakmania Ini

Dengan iringan lirih tabuhan gamelan budayawan asal Madura ini memutar badannya menghadap kamera sembari menjajarkan dua jempol tangannya di depan dada seolah sedang berbicara kepada tuannyam sambil mengucapkan sesuatu.


Ini kalimat yang meluncur dari mulutnya.. "kita harus sopan santun agar pak Hakim tidak tega untuk memenjara kita." Dan Sudjiwo Tedjo menutup videonya dengan menempelkan kedua telapak di depan keningnya layaknya bersembah sujud.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Terkini

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB

Data Berbasis Desa Penting untuk Pembangunan Daerah

Kamis, 1 Desember 2022 | 19:16 WIB

KLHK Raih Peringkat Pertama SDGs Action Awards 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:36 WIB
X