Darhamsyah, Ajarkan Hidup Berdampingan Bersama Alam dengan Cinta

- Jumat, 7 Januari 2022 | 15:58 WIB

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com – Munculnya persoalan lingkungan, seperti kebakaran hutan, timbunan sampah, banjir, dan lainnya, tidak lepas dari sikap manusia terhadap alam. Namun, banyak juga yang mulai sadar dan berusaha menyelamatkan lingkungan. Dialah Darhamsyah, yang mengembangkan inovasi Enjoy Life With Eco-Life.

Inovasi ciptaannya merupakan metode pengembangan kepemimpinan dan organisasi berbasis kecerdasan lingkungan serta keterhubungan dengan alam. Darhamsyah menjelaskan pentingnya menjaga semangat cinta lingkungan dalam segala aktivitas sehari-hari.

Darhamsyah yang menjabat Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sulawesi dan Maluku, menegaskan kesadaran lingkungan hanya bisa ditumbuhkan dengan cinta. “Semakin orang terhubung dengan alam, makin dekat dan berempati dengan alam, maka orang akan merasa bahagia,” ujarnya.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Serentak se-Indonesia, Kapolri Ingatkan Syarat Wajib Laksanakan PTM 100 Persen

Dar, sapaan akrab Darhamsyah, telah mengabdi selama 36 tahun sebagai aparatur sipil negara (ASN). Cinta dan tugas yang padukan dalam setiap pekerjaannya. ‘Teladan memimpin dan telaten melayani’ menjadi moto Dar selama mengabdi pada tugasnya.

Ia menjelaskan, ada tugas prinsip dasar untuk mencintai lingkungan. Pertama adalah kebersamaan, yaitu saling ketergantungan satu dengan lainnya. Prinsip kedua adalah bermanfaat, sedangkan ketiga adalah adaptasi.

“Jadi Enjoy Life with Eco-Life itu adalah sesuatu yang simpel, yakni mempunyai _benefit_ yang dapat dirasakan oleh diri sendiri sehingga lebih _enjoy_ untuk menjalani hidup,” terangnya.

Baca Juga: Dorong Program Inkubator Wirausaha, LPDB-KUMKM Libatkan Inotek Foundation

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Ajukan Kasasi Kasus KSP Indosurya

Minggu, 29 Januari 2023 | 18:28 WIB

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:30 WIB
X