Persiapkan Diri Hadapi UTBK Lewat Zenius UTBK Fest Jerome Polin akan hadir di hari terakhir Zenius UTBK Fest

- Jumat, 21 Januari 2022 | 04:24 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- - UTBK Fest adalah event online yang ditujukan untuk para pejuang UTBK untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022. Acara yang berlangsung sejak 11 Januari lalu ini menghadirkan 24 live seminar, belasan universitas, dan puluhan speakers yang akan membantu persiapan UTBK para siswa. Acara ini dapat diakses melalui aplikasi dan website Zenius tanpa biaya, dan terbuka untuk seluruh siswa SMA di seluruh Indonesia. 

 

Kurang lebih ada 100 orang yang mengikuti acara pembuka UTBK Fest. Acara yang dipandu oleh Tutor Development Manager Azhar Fahd ini menghadirkan Maria Gabriella (Gaby), lulusan Teknik Bioproses Universitas Indonesia (UI) angkatan 2017. Di acara tersebut, Gaby berbagi pengalamannya masuk UI lewat jalur UTBK, meski harus mengalami gap year. 

 

Dulu, Gaby belum mengerti banyak soal konsep dasar pelajaran Biologi, terutama soal animalia. Kemudian, dia banyak mendapat ringkasan materi di Zenius soal konsep genetik makhluk hidup, yang berguna untuk mengambil jurusan Teknik Bioproses. “Waktu gap year aku belajar dari blog Zenius. Jadi belajar dari yang kecil-kecil kayak sel, lama-lama jadi besar kayak ekosistem. Jadi aku belajar nggak cuma soal prioritasku, tapi juga hal-hal yang mendasar,” ujarnya. 

Baca Juga: Momentum G20 Akselerasi Pemulihan Ekonomi, HIPMI Gelar Indonesia Economic Outlook 2022 Pekan Depan

Proses belajar Gaby pun lebih mudah karena materinya fokus pada tujuan akhir. Jadi, dia tidak perlu belajar setiap hari, yang penting dapat tujuan akhir sesuai target yang dia buat. Dia juga membuat skala prioritas dalam belajar agar lebih terorganisir. Dia membuat daftar hal yang akan keluar di ujian, kemudian dia akan menyusun rangkaian materi yang belum dipahami untuk diperdalam. 

Tidak hanya itu, dia juga menerapkan deliberate practice, di mana ia menonton video materi terlebih dahulu, lalu menuangkannya kembali ke dalam bentuk catatan dengan bahasanya sendiri. Ia juga kerap memanfaatkan materi video yang ada di platform Zenius. Menurutnya, hal tersebut membantu untuk memvisualisasikan materi dan membuatnya mudah mengerti materi. 

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas Lewat Jarkom

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:36 WIB

Soal Tanam Maju, Ini Penjelasannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:44 WIB

Jelang Pilpres 2024, Parpol Mulai Tawar Menawar

Jumat, 30 September 2022 | 20:38 WIB
X