Ini Aturan Offside Menurut FA: Assis Cavani Untuk Rashford Sah

- Minggu, 23 Januari 2022 | 13:25 WIB
Marcus Rashford sambut gembira assis dari Cavani (Instagram@marcusrashford)
Marcus Rashford sambut gembira assis dari Cavani (Instagram@marcusrashford)

 

suaramerdeka-jakarta.com-Kemenangan dramatis di menit menit akhir dengan istilah 'Fergie time" kembali menghampiri tim berjuluk Setan Merah atau Red Devils.

Namun Gol kemenangan Manchester United atas West Ham United dituding tidak sah karena Edinson Cavani yang memberi assist dianggap sudah offside. Benarkah demikian?

Di Old Trafford, Sabtu (22/1/2022), MU menang 1-0 atas West Ham berkat gol Marcus Rashford di pengujung laga. Gol tersebut tercipta berkat kerja sama apik antara Cristiano Ronaldo, Anthony Martial, Cavani, dan Rashford sendiri.

Namun ada yang menganggap Cavani sudah offside saat Martial tepat akan memberi umpan kepadanya. Posisi tangannya 'menjorok' melebihi kaki Aaron Cresswell yang menjadi pemain 'kedua paling belakang'. Sehingga assist yang ia berikan kepada Rashford tidak sah.

Baca Juga: MU Menang Dramatis, Rashford: Semua Pemain Makin Percaya Diri

Apakah memang seperti itu? Mari kita lihat aturan offside menurut Asosiasi Sepakbola Inggris (FA).

menurut aturan FA, hal itu tidak dipertimbangkan. Lengan atas Cavani masih berada di garis hijau, yang artinya tidak offside. (Tangkapan layar BBC/Mola)

Berdasarkan aturan 11 mengenai offside, ada pernyataan yang berbunyi 'tangan dan lengan seluruh pemain, termasuk kiper, tidak masuk hitungan. Untuk menentukan offside, batas atas lengan sejajar dengan bagian bawah ketiak'.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keren, Anak Indonesia Unjuk Teater di Jepang

Senin, 23 Mei 2022 | 06:23 WIB

Puan Dinilai Bisa Lanjutkan Program Jokowi

Minggu, 22 Mei 2022 | 15:42 WIB

DAMRI Terapkan Syarat Perjalanan Terbaru

Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:15 WIB
X