Airnav Indonesia Siap Kelola Layanan Navigasi di Atas Riau

- Rabu, 26 Januari 2022 | 10:31 WIB

BINTAN,suaramerdeka-jakarta.com- Indonesia dan Singapura tunjukkan komitmen perkuat kerjasama pelayanan dan keselamatan penerbangan dengan menyepakati perjanjian penyesuaian pelayanan ruang udara atau Flight Information Region (FIR).

Kesepakatan bilateral penyesuaian FIR “Agreement on the realignment of the boundary between Jakarta FIR and Singapore FIR”, ditandatangani oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dengan Menteri Transportasi Singapura S. Iswaran, yang disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, Selasa (25/1), di Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, dengan adanya penandatanganan perjanjian penyesuaian FIR, maka ruang lingkup FIR Jakarta akan melingkupi seluruh wilayah udara teritorial Indonesia, terutama di daerah Kepulauan Riau dan Kepulauan Natuna.

Baca Juga: Amankan Pasokan BBM, PELNI Bangun Komunikasi Dengan BPH Migas

“Ke depan, diharapkan kerja sama penegakkan hukum, keselamatan penerbangan, dan pertahanan keamanan kedua negara dapat terus diperkuat berdasarkan prinsip saling menguntungkan,” kata Presiden.

AirNav Siap Memberikan Pelayanan Navigasi

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana B. Pramesti, bersama jajaran Direksi AirNav Indonesia lainnya, pada Selasa (25/1), menyampaikan AirNav Indonesia siap memberikan layanan navigasi penerbangan pasca penandatanganan perjanjian realignment flight information region (FIR) Jakarta - Singapura.

“. Bagi AirNav Indonesia, proses penandatanganan perjanjian ini merupakan _end of a beginning_, akhir dari suatu permulaan. Perjanjian memang telah ditandatangani, namun bagi kami hal ini juga mulainya proses pengalihan pelayanan navigasi penerbangan dari otoritas pelayanan Singapura ke AirNav Indonesia, yang akan paralel dengan proses pengajuan amandemen ke ICAO” ungkap Polana.

Baca Juga: YOUVIT Hadirkan Multivitamin Lebih Alami dan Ramah Lingkungan

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Muamalat dan BMM Gelar Muamalat Berbagi

Senin, 6 Februari 2023 | 15:17 WIB
X