Partai Golkar Kantongi Izin Lisensi Musik dari KCI

- Kamis, 27 Januari 2022 | 19:22 WIB
Partai Golkar Kantongi Izin Lisensi Musik dari KCI (Istimewa)
Partai Golkar Kantongi Izin Lisensi Musik dari KCI (Istimewa)


JAKARTA, Jakarta Suaramerdeka.com,- Dalam Rangka melaksanakan Perayaan Natal Nasional yang akan diselenggarakan tanggal 29 Januari 2022  di Kota SalatigaJawa Tengah, Partai Golkar melakukan terobosan menarik dan substansial bagi pengembangan dan apresiasi dunia musik di Indonesia.

Perijinan Lisensi Musik kepada Lembaga Manajemen Kolektif Karya Cipta Indonesia (LMK KCI), yang disampaikan melalui Ketua Penyelenggara yang  berkoordinasi dengan Lembaga Manajemen Kolektif Karya Cipta Indonesia “LMK – KCI”,  untuk permohonan lisensi penggunaan Karya Cipta Lagu, sebagaimana yang diatur dalam Undang – Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Dalam UU itu dijelaskan bahwa penggunaan karya cipta lagu secara komersial harus mendapatkan izin dari Pemilik Hak Cipta maupun Hak Terkait melalui Lembaga Manajemen Kolektif.

Baca Juga: Sutardji Calzoum Bachri; Puisi Benny Benke Prosaik, Layak Direnungkan

Sebastian Salang, Sekretaris Panitia Penyelenggara menjelaskan, bahwa Inisiatif dari Panitia Penyelenggara menghubungi LMK KCI untuk berkoordinasi mengenai hal dimaksud sebagai bentuk ketaatan dan kepatutan hukum yang dicontohkan oleh Partai Golkar.

Karena acara tersebut akan disiarkan melalui TV Nasional maupun melalui live streaming YouTube.

“Sehubungan dengan acara ini akan diselenggarakan dalam bentuk siaran TV Nasional maupun melalui Live Streaming Youtube dan media media lainnya, maka hal ini disambut baik oleh Pihak Manajemen LMK KCI, sebagai bentuk apresiasi Partai Golkar bagi Pengembangan dunia seni musik Indonesia, “ kata Sebastian Salang di Jakarta, Kamis (27/1/22).

Baca Juga: Di Negeri Demokrasi Puisi (masih) Ditakuti (?)

Sebastian Salang menambahkan untuk permohonan lisensi penggunaan Karya Cipta Lagu, sebagaimana yang diatur dalam UU Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta, dijelaskan bahwa penggunaan karya cipta lagu secara komersil harus mendapatkan izin dari Pemilik Hak Cipta maupun Hak Terkait melalui LMK.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB

Data Berbasis Desa Penting untuk Pembangunan Daerah

Kamis, 1 Desember 2022 | 19:16 WIB

KLHK Raih Peringkat Pertama SDGs Action Awards 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:36 WIB
X