Kecewa Putusan Praperadilan, Petani dan Mahasiswa Minta Hakim Minum Tolak Angin Satu Dus Agar Kembali Bugar

- Senin, 7 Februari 2022 | 23:48 WIB
Para petani Kopsa M dan mahasiswa menyerahkan kardus Tolak Angin, sebagai simbol protes atas Putusan PN Bangkinang, Kampar, Riau, Senin 7 Februari 2022. (istimewa)
Para petani Kopsa M dan mahasiswa menyerahkan kardus Tolak Angin, sebagai simbol protes atas Putusan PN Bangkinang, Kampar, Riau, Senin 7 Februari 2022. (istimewa)

PEKANBARU- Para petani yang tergabung dalam Koperasi Petani Sawit Makmur (Kopsa M) dan mahasiswa memadati halaman Pengadilan Negeri Bangkinang, Kampar, Riau, Senin 7 Februari 2022.

Kehadiran mereka untuk mendukung perjuangan Ketua Kopsa M, Anthony Hamzah, dalam sidang praperadilan terkait status tersangka yang disandangnya.

Namun, permohonan praperadilan tersebut ditolak melalui putusan hakim tunggal yang mengadili perkara ini, Ersin, SH., MH.

Baca Juga: Perguruan Tinggi Memiliki Peran Penting dalam Mengatasi Permasalah Stunting

 Setara Institute yang selama ini concern terhadap kasus Anthony Hamzah, menyebut bahwa hakim telah mengabaikan fakta-fakta persidangan dan terdapat sejumlah kejanggalan.

Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naipospos mengatakan, hakim secara jelas menunjukkan tindakan tidak profesional, pelanggaran prosedur KUHAP dan serangkan pelanggaran SOP serta administrasi yudisial yang dilakukan oleh Penyidik Polres Kampar. 

Bahkan saksi Ahli senior, Dr. Erdianto Effendi dan Dr. Jamin Ginting, yang dihadirkan di persidangan, serempak meyakini bahwa penetapan Anthony Hamzah sebagai tersangka adalah cacat hukum.

Baca Juga: Viral di Tiktok Lagu Rena Muchsin Alatas, Ini Chord Gitar dan Liriknya

Kecewa dengan putusan Pengadilan Negeri Bangkinang tersebut, petani-petani Kopsa M menyerahkan satu kardus Tolak Angin, sebagai simbol agar hakim segera minum tolak angin sehingga kembali bugar. 

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB
X