Mendorong Inklusi Pemuda dalam Komitmen Pengurangan Emisi Karbon Indonesia

- Kamis, 10 Februari 2022 | 08:57 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com - Pemuda harus secara aktif mendorong komitmen kelestarian lingkungan dalam agenda G20 Leaders Summit yang akan dilaksanakan 20 November 2022 mendatang di Bali.

Hal ini disampaikan Mohammad Syaban, Dosen Hubungan Internasional Universitas Paramadina pada webinar bertajuk “Politik Hijau Indonesia: COP 26 dan Presidensi G20” yang digelar secara daring di Jakarta (9/2).

“Meneruskan hasil dari COP-26 di Glasgow, Indonesia menjadikan transisi energi bersih sebagai isu prioritas dalam pembahasan G20 sebagai upaya menekan laju kenaikan suhu bumi. Walaupun dalam temuan studi, pemuda masih menjadi ‘penyemangat dan penghibur’ dalam setiap kebijakan terkait lingkungan di Indonesia.” Kata Syaban.

Baca Juga: Forbes Indonesia Pilih Raffi Ahmad-Nagita Jadi The Sultans of Content

Isu lingkungan dan perubahan iklim lanjut Syaban, merupakan aspek yang paling digandrungi dan paling dekat dengan pemuda. “Riset dari Pew Research Center menyatakan bahwa Gen Z menjadi generasi yang paling aktif dalam menyuarakan kedaruratan iklim dan memiliki perhatian yang besar dibanding dengan generasi lain di atasnya.

Sehingga, peran pemuda masih harus didorong dalam komitmen pengurangan emisi karbon di Indonesia dari berbagai forum multilateral.” Ujarnya.  

“Terlepas dari komitmen internasional atau Pemerintah Indonesia untuk mengarusutamakan kebijakan yang berbasis lingkungan sudah sangat terdengar, tapi kebijakan publik tidak akan terimplementasi dengan baik tanpa adanya kelompok yang mendesak dan memaksa. Peran pemuda Indonesia sangat krusial untuk mengambil bagian ini” tambah Syaban.

Baca Juga: Kembali Diserang Petir, Komisaris PLN Batam Meluncur ke PLTU TJK Kasam

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Paramadina, Prof. Didik J. Rachbini, M.Sc., Ph.D, mengatakan bahwa transisi energi bersih menjadi sangat dilematis bagi Indonesia.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas Lewat Jarkom

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:36 WIB

Soal Tanam Maju, Ini Penjelasannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:44 WIB

Jelang Pilpres 2024, Parpol Mulai Tawar Menawar

Jumat, 30 September 2022 | 20:38 WIB
X