Jadikan Perpustakaan sebagai Rumah Bersama

- Kamis, 10 Februari 2022 | 15:19 WIB

KENDAL,suaramerdeka-jakarta.com – Masyarakat Kabupaten Kendal didorong agar menjadikan perpustakaan sebagai rumah untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Perpustakaan harus dapat menjadi rumah bersama untuk belajar, berbagi pengetahuan, dan beraktivitas. Hal ini disampaikan Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI, Woro Titi Haryanti, dalam peresmian Gedung Layanan Perpustakaan Kabupaten Kendal yang berlokasi di Jl. Pemuda No.39A, Kendal, Jawa Tengah.

“Saya dan jajaran mengucapkan selamat dan bangga atas peresmian gedung layanan perpustakaan ini, dan berharap dapat dimanfaatkan maksimal untuk memberikan layanan perpustakaan bagi masyarakat di Kabupaten Kendal,” ujarnya pada Kamis (10/2/2022).

Baca Juga: Aksi Represif Aparat di Wadas, Fahri Hamzah: Anggota DPR RI Wakil Wadas Mana Ndasmu?

Woro Titi menekankan, perpustakaan mempunyai peran strategis dalam pembangunan manusia Indonesia. Pasalnya, perpustakaan merupakan ruang belajar yang tidak memiliki batasan ruang dan waktu. Perpustakaan juga dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat, sehingga semua kalangan dapat memanfaatkan perpustakaan. Dia meminta agar pemerintah kabupaten melengkapi sarana dan prasarana sehingga perpustakaan dapat dinikmati masyarakat dengan nyaman.

Saat ini, perpustakaan tidak sekadar tempat membaca dan meminjam buku. Dia menuturkan, kini perpustakaan harus mampu memfasilitasi masyarakat di sekitarnya untuk memperoleh informasi, pengetahuan, keterampilan serta pelatihan yang pada akhirnya memberikan manfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan begitu, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dapat terjadi. Pembangunan kualitas SDM Indonesia merupakan fokus prioritas pemerintah dalam pembangunan bangsa, salah satunya melalui penguatan literasi masyarakat. “Karena dengan menguatnya literasi masyarakat maka semakin besar peluang kita untuk dapat bersaing secara global dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Empat Film Nominasi Oscar 2022, Tayang di KlikFilm

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertagas Raih 4 Penghargaan CSR & PDB Award 2023

Rabu, 1 Februari 2023 | 18:57 WIB

Gudang Kripto Gandeng Mahasiswa UNJ Bangun Negri

Rabu, 1 Februari 2023 | 15:48 WIB

Aliando Syarief Sambangi Coach Rheo

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:48 WIB

Rian Ernest Resmi Jadi Kader MKGR

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:21 WIB
X