Puisi Hadir Tanpa Mengenal Batas. Webinar Internasional Indonesia Korea via Puisi

- Kamis, 10 Februari 2022 | 20:24 WIB
Kolaborasi Kreatif Indonesia-Korea melalui Puisi". (Istimewa)
Kolaborasi Kreatif Indonesia-Korea melalui Puisi". (Istimewa)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Puisi hadir tanpa mengenal batas. Ia senantiasa kontekstual dan universal untuk setiap masa dan bangsa. Puisi pun merupakan sarana untuk saling mengenal dan memahami kondisi sosial, politik, budaya, bahkan sejarah setiap negara dan bangsa.

Pemahaman ini akan menumbuhkan sikap saling menghargai, empati, toleran, dan mendorong terwujud, terbina, dan lestarinya nilai- nilai kemanusiaan.

Korea Selatan adalah salah satu negara yang saat ini tengah menjadi fenomena di dunia internasional. dengan apa yang diistilahkan hallyu ( Korean wave/ demam Korea).

Baca Juga: Kerapuhan, dan Ketabahan

Budaya populer yang industrial produk Korea Selatan seolah begitu merasuk pada kehidupan di kalangan --terutama-- kaum muda di mana- mana. Akan tetapi, dunia Korea tidak hanya itu. Banyak sisi lain yang kemudian --salah satunya-- terekam dan tersuarakan melalui puisi.

Rekaman dan suara itu bisa kita cermati antara lain melalui kumpulan puisi yang baru- baru ini terbit, "Apa yang Diharapkan Rel Kereta Api" karya penyair Korea, Moon Changgil.

Buku ini telah diterjemahkan lewat kolaborasi sastrawan Korea, Kim Young Soo, dan sastrawan Indonesia yang juga dosen di Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI, Nenden Lilis Aisyah, diterbitkan Kepustakaan Populer Gramedia, Desember, 2021.

Baca Juga: Remy Sylado Never Walk Alone

Untuk mengupas dan mendiskusikan lebih dalam bagaimana kondisi dan persoalan politik, sosial, budaya, dan sejarah terepresentasikan dalam puisi-puisi tersebut dan bagaimana kolaborasi kreatif Indonesia- Korea melalui puisi, Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Depdiksatrasia FPBS UPI bekerja sama dengan Komunitas Sastra Setanggi ( Indonesia), Kelompok Sastrawan Changjak 21 beserta Majalah Sastra Musiman Changjak 21 (Korea Selatan) menyelenggarakan Webinar Internasional " Kolaborasi Kreatif Indonesia-Korea melalui Puisi".

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi, Sido Muncul Bantu Cianjur

Selasa, 6 Desember 2022 | 06:33 WIB

Perpusnas Sejahterakan Masyarakat

Senin, 5 Desember 2022 | 15:46 WIB
X