Belajar dari Bunuh Diri Novi Amelia. Mental Health itu Komunikasi Intrapersonal :Oleh Geofakta Razali

- Sabtu, 19 Februari 2022 | 18:43 WIB

BELUM LAMA, Novi Amelia model dewasa melompat dari lantai 8 Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan dini hari. Tubuh cantik mendarat menghantam mobil, dan jatuh ke lantai dalam posisi telentang.

Dipastikan dia sendirian, dan diduga sampai saat ini karena depresi. Saat kita mengalami trauma fisik, kita akan mencari bantuan. Namun, saat kita "hanya" merasa rendah diri, entah bagaimana kita merasa tidak layak untuk dirawat atau mencari bantuan. Apakah itu adil untuk hidup kita ?

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO). Kesehatan mental adalah keadaan well-being atau merasa sejahtera ketika seorang individu menyadari kemampuan mereka dalam mengatasi tekanan hidup sendiri, atau berhubungan dengan orang lain.

Baca Juga: Ukassya Minta Dibuatkan Bakso Sapi Saat Demam Melanda.

Semua ini memerlukan kemampuan penting untuk mengidentifikasi, mengelola komunikasi intrapersonal dalam menentukan bidang kehidupan psikologis, emosional, dan sosial seseorang. Ternyata melarikan diri juga harus ada ilmunya.

Banyak orang berlomba-lomba melakukan upgrade penampilan fisik, namun lupa untuk memahami kebutuhan mental dan  jiwa. Kesehatan mental perlu dipelajari karena mencakup kesejahteraan subjektif, otonomi, aktualisasi diri, potensi intelektual dan emosional seseorang, dari perspektif psikologi positif.

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan diri sendiri untuk mencapai ketahanan psikologis. Apabila gagal, penyakit mental pada gilirannya akan dianggap sebagai gangguan fungsi otak yang berlanjut pada komunikasi interpersonal, yaitu komunikasi interaksi antara seseorang dengan sosial lingkungannya. 

Baca Juga: Kominfo Miliki Tugas Tangani Platform Investasi Ilegal

Mengapa urusan komunikasi dan psikologi begitu dekat ? Gangguan mental mungkin memiliki presentasi dan gejala yang berbeda pada saetiap orang. Tapi, pada umumnya ditandai dengan kombinasi antara pikiran, jiwa, persepsi, emosi, perilaku, dan interaksi yang tidak normal dengan orang lain.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tumben, Tiket KA Nataru Sepi Peminat, Kurang Laris

Senin, 28 November 2022 | 22:42 WIB

Yudo Margono akan Gantikan Andika Perkasa

Senin, 28 November 2022 | 18:55 WIB

Emil dan Golkar Miliki Relasi Saling Melengkapi

Senin, 28 November 2022 | 18:14 WIB

Kajati DKI, Reda Manthovani Hijaukan Jakarta Selatan

Senin, 28 November 2022 | 16:27 WIB

Komisi I DPR Dukung RKUHP Segera Tuntas

Senin, 28 November 2022 | 15:21 WIB

DPR Pastikan Terus Dukung Kemajuan Alutsista TNI

Senin, 28 November 2022 | 13:37 WIB

Tommy Kruniawan Apresiasi Right Issue PT Adhi Karya

Senin, 28 November 2022 | 11:44 WIB

Kejar Kompetensi HSSE Via Inovasi HTCW 2022

Senin, 28 November 2022 | 09:48 WIB
X