DEWG G20, Menkominfo: Momentum untuk Bahas Tata Kelola Ekosistem Digital Global

- Selasa, 15 Maret 2022 | 20:52 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. (Humas Kominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. (Humas Kominfo)

JAKARTA- Selama lebih dari dua tahun terakhir, kegiatan perekonomian digital telah menjadi salah satu penopang utama pemulihan Indonesia dan dunia akibat pandemi Covid-19.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan momentum Presidensi G20 Indonesia menjadi kesempatan bersejarah bagi Indonesia menjadi bagian dalam menentukan arah perkembangan ekonomi digital global.

"Dalam memantapkan posisi strategis menavigasikan arah perkembangan lanskap perekonomian digital dunia," ujar Menkominfo saat memberikan sambutan dalam Kick Off Meeting Digital Economy Working Group (DEWG) di Jakarta Pusat, Selasa 15 Maret 2022.

Baca Juga: Jadi Es Krim Resmi Piala Dunia 2022, Aice Makin Dikenal Masyarakat Internasional

Menurut Menteri Johnny, pembahasan yang akan berlangsung sepanjang  Maret hingga September 2022, sekaligus menjadi momentum penting bagi Indonesia untuk memandu diskusi antar negara dalam isu tata kelola ekosistem digital global.

"Kementerian Kominfo selaku pengampu DEWG juga telah dan akan terus melakukan streamlining isu digital lintas Working Groups dan Engagement Groups untuk menghadirkan kolaborasi dan kerja sama sinergis lintas sektor untuk isu digital," jelasnya

Bertajuk “Recover Together, Recover Stronger”, Presidensi G20 Indonesia hadir mengangkat tiga agenda prioritas yaitu arsitektur kesehatan global yang inklusif, transformasi berbasis digital, dan transisi energi berkelanjutan.

Baca Juga: PKB: Penundaan Pemilu Hanya Bisa Dilakukan Jika Ada Dukungan Kuat Rakyat

Secara spesifik, pembahasan agenda transformasi berbasis digital menjadi agenda yang dibahas setidaknya oleh 12 Working Group dan 10 Engagement Groups di bawah Sherpa Track.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X