Kominfo Bersama OASE-KIM Dorong Perempuan Indonesia Jadi Lebih Maju Serta Makin Cakap Digital

- Kamis, 17 Maret 2022 | 18:42 WIB
Kegiatan zoom Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Siberkreasi dan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM)  (Dok kominfo)
Kegiatan zoom Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Siberkreasi dan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) (Dok kominfo)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com – Telah berlangsung kegiatan secara online melalui Zoom, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Siberkreasi dan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) dengan tema “Cek Dulu, Cek Sekarang, Agar Terlindungi Dari Hoaks” yang ditujukan untuk perempuan #MakinCakapDigital.

Acara ini merupakan satu diantara rangkaian Program Nasional Literasi Digital yang bertujuan agar perempuan Indonesia lebih bisa  meng-eksplor dirinya dalam memanfaatkan teknologi digital.

Dalam acara kali ini turut hadir juga memberikan sambutan secara langsung, Maria Anna Plate selaku Wakil Ketua Bidang 3 OASE Kabinet Indonesia Maju, serta Ibu Nur Asia Sandiaga Uno selaku Anggota Bidang 3 OASE Kabinet Indonesia Maju, dan Bapak Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo.

Sementara itu para narasumber yang pakar dibidangnya, yaitu; Nicholas Saputra selaku figur publik, Prita Laura selaku praktisi komunikasi, Eko Septiaji mewakili Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO), yang di moderator oleh Iwan Setyawan, CEO Provetic.

Baca Juga: Pimpin DPR di IPU Bali, Pengamat: Momen Strategis Bagi Puan Kenalkan Indonesia

Menurut laporan Survei Indeks Literasi Digital Nasional tahun 2021, perempuan menjadi salah satu sasaran literasi digital, setidaknya sebesar 56,6% jumlah responden perempuan yang menggunakan internet lebih banyak dibanding responden laki-laki.

Hasil tersebut mengindikasikan bahwa responden perempuan Indonesia telah memiliki akses pada teknologi serta mulai mengikuti terwujudnya transformasi digital.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang 3 OASE Kabinet Indonesia Maju, Maria Anna bahwa “Perempuan termasuk Ibu, Nenek, dan Anak perempuan merupakan pihak yang sangat esensial dalam keluarga.

Oleh karena itu, sebagai perempuan kita perlu lebih berhati-hati dan lebih kritis ketika menerima dan menyebarkan informasi” tandasnya.

Sementara itu Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa “Perempuan berperan dan berdampak signifikan diberbagai bidang, karenanya perempuan tidak hanya membangun diri dan keluarganya, namun turut serta membangun masyarakat dan Negara.

Baca Juga: Mengenai cyber war antara Rusia dan Ukraina

Program Literasi Digital ini akan terus dilaksanakan untuk menjangkau seluruh masyarakat Indonesia ke berbagai pelosok Negeri tanpa terkecuali, terkhusus bagi perempuan Indonesia," ungkapnya.

Hoaks Sebagai Bentuk Ancaman Digital

Berita bohong atau hoaks bisa menyasar berbagai kalangan. Mulai dari keluarga, teman, bahkan figur publik sebagai sosok yang kita idolakan bisa saja terpapar informasi yang bohong atau salah.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jumat Lusa Satu lagi Parpol Dukung Ganjar

Rabu, 7 Juni 2023 | 19:35 WIB
X