FFWI Tahun 2022 Merayakan Film Indonesia, Masih Didukung Kemendikbud Ristek RI

- Minggu, 20 Maret 2022 | 19:54 WIB
Ketua Panitia FFWI, Wina Armada Sukardi, t (Benny Benke)
Ketua Panitia FFWI, Wina Armada Sukardi, t (Benny Benke)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,-  Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII 2022 akan kembali dirilis bertepatan dengan Hari Film Nasional (HFN), 30 Maret 2022. Kali ini festival mengakat tema utama “Merayakan Film Indonesia.” 

Menurut Ketua Panitia FFWI, Wina Armada Sukardi, tema “ Merayakan Film Indonesi” dipilih, lantaran kendati perfilman Indonesia sempat ikut terkena badai pandemi covid-19, tetapi ternyata akar perfilman Indonesia masih kokoh dan terus berkembang.

Bagi FFWI fakta itu bermakna, ekosistem perfilman Indonesia memiliki tingkat imunitas kuat dalam menghadapi gempuran virus masalah yang ada. 

Baca Juga: Perang dan Damai

“Terlepas dari pelbagai permasalahan yang ada, dalam kaitan itu, perfilman Indonesia masih tetap eksis. Untuk itu  kita selayaknya bersyukur dan merayakanya,” katanya di Jakarta, Minggu (20/3/2022). 

Terkait dengan peluncuran FFWI tahun ini yang bersamaan dengan HFN, Wina menerangkan, penetapan HFN diambil dari tanggal pengambilan pertama adegan film “Long March,” karya Usmar Ismail dan yang seluruh pendukungnya orang Indonesia.

Baca Juga: Sehimpun Reportase Jurnalistik Dalam Puisi Benny Benke

Tahun lalu Usmar Ismail, yang sebelumnya didapuk menjadi Bapak Perfilman Indonesia, telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Usmar Ismail merupakan salah satu tokoh wartawan dan pernah menjadi ketua umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).
“Oleh lantaran itu korelasi antara HFN dan FFWI sangat kuat,” tandas Wina.

Tambah Genre

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perpusnas Sejahterakan Masyarakat

Senin, 5 Desember 2022 | 15:46 WIB
X