Selain F1 Boat Race, Sandiaga Uno Juga Gagas Tour de Danau Toba

- Rabu, 23 Maret 2022 | 19:51 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno menjajal jalur Danau Toba. (Foto; Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno menjajal jalur Danau Toba. (Foto; Kemenparekraf)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com, – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terus mempersiapkan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas di era Presiden Jokowi. Setelah F1 Boat Race, kini orang nomor satu di Pariwisata itu tengah menggagas Tour de Danau Toba yang juga bakal diadakan di tahun 2023.

Berawal dari kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ke Danau Toba, dirinya sempat menjajal jalur yang ada di Danau Toba dengan menggunakan sepeda Kala itu Sandiaga Uno bersepeda di Pulau Samosir sambil menikmati keindahan alam yang ada.

"Jalurnya asik, dibalut keindahan Pulau Samosir, namun saya tekankan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan saya juga berpesan agar selalu mengutamakan keselamatan," kata Sandiaga Uno.

Danau Toba merupakan danau populer di Sumatera Utara dengan pemandangan alam kawasannya yang mutlak tak bisa ditawar. Hamparan hijau perbukitan di sekitarnya, serta biru danau dengan Pulau Samosir yang berada di tengah adalah gambaran keindahan tempat ini.

Sandiaga Uno melakukan serangkaian olahraga mulai dari bersepeda sejauh 10 kilometer dan berlari sejauh 2,5 kilometer. Rute yang dilalui SSU merupakan spot-spot wisata terbaik di Pulau Samosir. Mulai dari panorama melewati dermaga Ambarita kemudian melintasi Garoga menuju ringroad hingga finish di Desa Tuk Tuk.

“Pengembangan infrastruktur tidak akan sukses jika SDM dan masyarakatnya juga tidak dibangun. Jadi bangun raganya, bangun jiwanya. Bukan hanya membangun infrastrukturnya saja tapi juga membangun manusianya,” ucapnya.

Selaras dengan Sandiaga Uno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan juga ingin ada agenda internasional tematik yang berlangsung di Danau Toba, Sumatera Utara. Salah satu agenda wisata tematik yang dia usulkan adalah Tour de Danau Toba. 

"Danau Toba memiliki potensi sebagai tempat penyelenggaraan event internasional tematik, supaya Danau Toba lebih populer dan dikenal sebagai destinasi wisata unggulan, dia berharap ada acara olahraga berskala internasional seperti F1 H2O dan Tour de Danau Toba,” katanya.

Bicara Danau Toba tentunya tidak akan terlepas dari sejarahnya. Salah satu spot wisata sejarah yang bisa disambangi yakni Pusuk Buhit yang ada di Panguruan, Pulau Samosir, Sumatera Utara. Di mana, destinasi yang satu ini bisa menjadi tujuan liburan yang menarik di Sumatera Utara karena Pusuk Buhit terkenal dengan cerita urbannya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertagas Raih 4 Penghargaan CSR & PDB Award 2023

Rabu, 1 Februari 2023 | 18:57 WIB

Gudang Kripto Gandeng Mahasiswa UNJ Bangun Negri

Rabu, 1 Februari 2023 | 15:48 WIB

Aliando Syarief Sambangi Coach Rheo

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:48 WIB

Rian Ernest Resmi Jadi Kader MKGR

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:21 WIB
X