SE Dewan Masjid Indonesia (DMI): Semua Ceramah di Masjid/Musala Menggunakan Sepiker Dalam

- Jumat, 1 April 2022 | 11:13 WIB
Edaran yang diteken oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla itu salah satu poinnya mengimbau agar semua ceramah di masjid/musala menggunakan pengeras suara bagian dalam demi kekhusyukan. (Screenshoot instagram/@jokowi)
Edaran yang diteken oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla itu salah satu poinnya mengimbau agar semua ceramah di masjid/musala menggunakan pengeras suara bagian dalam demi kekhusyukan. (Screenshoot instagram/@jokowi)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Demi lancarnya ibadah selama Ramadhan hingga idul fitri dan demi toleransi antar ummat beragama, Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan surat edaran penyelenggaraan ibadah Ramadan dan Idulfitri 1443 Hijriah atau tahun 2022.

Edaran yang diteken oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla itu salah satu poinnya mengimbau agar semua ceramah di masjid/musala menggunakan pengeras suara bagian dalam demi kekhusyukan.

"Semua bentuk ceramah dan kultum hendaknya menggunakan pengeras suara dalam," bunyi salah satu poin edaran itu yang dikutip dari situs resmi DMI, Jumat (1/4).

Dalam surat edaran DMI, pengeras suara bagian luar masjid cukup dipakai saat adzan dikumandangkan dan iqamah, serta tartil Quran. Durasinya antara 5-10 menit sebelum tanda waktu salat tiba.

SEBaca Juga: SE Mentri Agama: Gelar Salat Tarawih Dianjurkan, Salat Id Bisa Dilapangan Tetap Prokes

DMI juga meminta masjid tidak menggunakan pengeras suara bagian luar untuk melakukan zikir/doa para imam salat, tahlilan, puji-pujian, barzanji, nasyid, lagu-lagu religi, dan sejenisnya.

"Apabila menghendaki penggunaan pengeras suara maka hendaknya menggunakan pengeras suara dalam saja," bunyi edaran tersebut.

Selain itu, DMI juga mengimbau umat Islam agar memakai masker, membawa alat ibadah sendiri, berwudu dari rumah dan memelihara kebersihan lingkungan masjid/mushala sebaik-baiknya.

Berikut isi edaran lengkap DMI tentang penyelenggaraan ibadah Ramadan 1443 Hijriah atau puasa tahun 2022:

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi, Sido Muncul Bantu Cianjur

Selasa, 6 Desember 2022 | 06:33 WIB

Perpusnas Sejahterakan Masyarakat

Senin, 5 Desember 2022 | 15:46 WIB
X