PPLI Dapat Penghargaan dari Kemenhub Atas Sistem Keselamatan Angkutan Umum

- Sabtu, 9 April 2022 | 09:00 WIB
Kementerian Perhubungan menganugerahkan PPLI sebagai salah satu perusahaan dengan sistem manajemen keselamatan transportasi terbaik. (Foto Dok PPLI)
Kementerian Perhubungan menganugerahkan PPLI sebagai salah satu perusahaan dengan sistem manajemen keselamatan transportasi terbaik. (Foto Dok PPLI)

 


JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com - Armada transportasi PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) menjadi hal yang tak kalah penting menjadi perhatian serius bagi perusahaan pengolah limbah Bahan Beracun Berbahaya (B3) tersebut. 

Karena selain mengolah dan memusnahkan limbah B3, proses pengiriman limbah juga penting karena memiliki risiko tinggi bila mengalami kebocoran selama pengiriman ke lokasi pengolahan.

Untuk itu, unit kendaraan PPLI dirancang dan didesign secara khusus agar meminimalisir kemungkinan bocor dan membahayakan.

Demikian diungkapkan Manager Transportasi PPLI Ade Bayu Kurniyanto, Jumat (8/4). "Selain modifikasi kendaraan, kita juga menerapkan SOP ketat untuk keselamatan pengiriman limbah B3 yang dikirimkan," ujarnya.

Baca Juga: Dorong Mahasiswa Kembangkan Ekosistem Blockchain, Tokocrypto dan FEB UGM Bersinergi Dirikan BlockSpace

Khusus bagi para driver dan co-driver, lanjut Ade juga diadakan pelatihan khusus. Baik driver maupun co-driver memiliki kemampuan dan keahlian yang sama. "Mereka sudah bersertifikasi," ujar Ade.

Selain itu, tambah Ade, setiap kendaraan pengangkut limbah B3 PPLI dilengkapi spill kit untuk keadaan gawat darurat serta tabung pemadam.

Adapun peralatan kedaruratan dalam spill kit, Ade menjabarkan terdiri dari skop, pasir, oil boom, bubuk gergaji, sapu dan lain-lain. "Seluruh kru transportasi sudah paham bagaimana menggunakannya bila terjadi kondisi darurat," ujar Ade.

Selain itu, dijelaskan setiap unit kendaraan dilengkapi juga dengan Global Positioning System (GPS) untuk memantau posisi kendaraan tetap berada pada lajur yang ditentukan.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Terkini

Penghargaan Bagi Para Pejuang

Sabtu, 24 September 2022 | 19:41 WIB

UNU Purwokerto Bangun Literasi Digital Berakhlak

Sabtu, 24 September 2022 | 16:23 WIB

KNPI minta KPK tidak gentar hadapi Lukas Enembe

Sabtu, 24 September 2022 | 16:04 WIB

PAM Siap Sukseskan Anies Pada Pilpres 2024

Sabtu, 24 September 2022 | 14:29 WIB

UMKM Jangan Sekadar Digiring Supaya Go Digital

Jumat, 23 September 2022 | 19:45 WIB

Koalisi KIB Masih Terbuka Hingga Agustus 2022

Jumat, 23 September 2022 | 18:27 WIB

Rumah Untuk Tiap Keluarga, Kenapa Tidak

Jumat, 23 September 2022 | 17:53 WIB
X