Gunakan Headset Virtual Reality, Telkom University Gelar Wisuda Gunakan Platform Metaverse

- Minggu, 10 April 2022 | 09:38 WIB
Wujud wisuda Telkom University dengan platform Metaverse
Wujud wisuda Telkom University dengan platform Metaverse
 
BANDUNG jakarta.suaramerdeka.com - Telkom University memberikan sensasi berbeda pada gelaran sidang terbuka senat dengan agenda wisuda Magister, Sarjana, Sarjana Terapan dan Ahli Madya Periode II Tahun Akademik 2021/2022 pada Sabtu (9/4/2022).
 
Mereka menyelenggarakan wisuda itu di dunia metaverse, atau konsep dunia virtual yang mengemuka pada saat landaan pandemi Covid-19. Kegiatan ini pun diklaim kali pertama diselenggarakan di Indonesia. Wisuda tersebut diikuti 1.285 wisudawan dan wisudawati dari 32 program studi di antara 43 program studi pada tujuh fakultas. 
 
Pengajar Fakultas Ilmu Terapan (FIT) Telkom University, Fat’hah Noor Prawita yang juga mengembangkan konsep tersebut menjelaskan bahwa wisuda dengan konsep metaverse itu didukung pula oleh platform Mozilla Hubs.
 
"Setelah dikustomisasi sedemikian rupa, peserta bakal benar-benar dapat merasakan experience wisuda seperti halnya secara langsung di kampus, dengan menggunakan perangkat laptop maupun headset Virtual Reality (VR)," katanya dalam keterangannya.
 
 
Sebagai venue, panitia memanfaatkan bentuk dari bangunan Gedung Damar. Salah satu gedung auditorium yang telah ada semenjak STT Telkom berdiri itu dihadirkan secara virtual mirip aslinya. 
 
Wisudawan juga dipersilahkan memilih karakter avatarnya masing-masing sesuai dengan fakultas dan karakteristiknya. Untuk urusan ini, mereka dibantu kerja Dosen D4 Teknologi Rekayasa Multimedia FIT Rikman Aherliwan Rudawan dan tim mahasiswanya dalam pembuatan avatar serta visual dari Gedung Damar.
 
Ketua Panitia Wisuda Telkom University, Dr Anisah Firli menyebut penggunaan metaverse itu tak terlepas dari tema kegiatan sehingga para lulusan bisa menjadi sosok yang memiliki komitmen dan bersikap tangguh dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang.
 
 
Mereka bisa tanggap menghadapi berbagai situasi dengan terus bereksplorasi, berinovasi dan mengembangkan diri terlebih dengan datangnya pandemi.
 
“Kami menggunakan platform ini sebagai bentuk inovasi universitas, dan sekaligus ingin memberikan pengalaman baru kepada peserta wisuda mengingat metaverse yang belakangan digaung-gaungkan ini kita hadirkan langsung," katanya.
 
Kepada mereka,  Rektor Telkom University, Prof Dr Adiwijaya menitipkan pesan untuk bisa tampil tangguh atas kondisi yang menantang pasca ke luar kampus.
 
 
"Harus memiliki kemampuan sebagai problem solving, berikan solusi terhadap masalah yang ada di masyarakat, di samping self-management atau leadership yang baik, hal-hal diperlukan bagi seorang pemimpin. Selebihnya, jangan lupa untuk terus mengupdate teknologi terkini dan menjadikan teknologi tersebut sebagai akselerator untuk memudahkan penyelesaian problem yang ada," katanya.dwi
 
 

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tumben, Tiket KA Nataru Sepi Peminat, Kurang Laris

Senin, 28 November 2022 | 22:42 WIB

Yudo Margono akan Gantikan Andika Perkasa

Senin, 28 November 2022 | 18:55 WIB

Emil dan Golkar Miliki Relasi Saling Melengkapi

Senin, 28 November 2022 | 18:14 WIB

Kajati DKI, Reda Manthovani Hijaukan Jakarta Selatan

Senin, 28 November 2022 | 16:27 WIB

Komisi I DPR Dukung RKUHP Segera Tuntas

Senin, 28 November 2022 | 15:21 WIB

DPR Pastikan Terus Dukung Kemajuan Alutsista TNI

Senin, 28 November 2022 | 13:37 WIB

Tommy Kruniawan Apresiasi Right Issue PT Adhi Karya

Senin, 28 November 2022 | 11:44 WIB

Kejar Kompetensi HSSE Via Inovasi HTCW 2022

Senin, 28 November 2022 | 09:48 WIB
X