Puan Jamin DPR Tak Mungkin Khianati Konstitusi dan Amanat Reformasi

- Senin, 11 April 2022 | 16:13 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Saktia Andri Susilo)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Saktia Andri Susilo)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan, DPR tidak mungkin mengkhianati konstitusi dan amanat reformasi. Apalagi demi melanggengkan kekuasaan pihak-pihak tertentu.

“Soal tuntutan mahasiswa yang menolak penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan presiden, hal tersebut tidak akan terjadi,” katanya di Jakarta, Senin (11/4). Apalagi sejak awal dirinya dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang merupakan fraksi terbesar di DPR bersama beberapa fraksi lain, menolak wacana tersebut.

Selain itu, DPR bersama pemerintah sudah jauh-jauh hari menetapkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. “Saya sudah berkali-kali menolak wacana penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan presiden,” ujarnya.

Dikatakan, DPR hari ini adalah buah dari reformasi, yang didorong oleh teman-teman mahasiswa 24 tahun lalu. “Sehingga tidak mungkin akan mengkhianati konstitusi dan amanat reformasi,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu dia juga menegaskan siap mendengar aspirasi mahasiswa Indonesia, yang disampaikan lewat unjuk rasa hari ini. Terlebih, DPR adalah tempat menyalurkan aspirasi rakyat dan rumah rakyat.

“Untuk adik-adik mahasiswa Indonesia yang akan menyuarakan pendapatnya di Gedung DPR, silakan disampaikan. Karena bagaimanapun, demonstrasi dijamin konstitusi. Kami akan dengarkan aspirasi adik-adik mahasiswa hari ini,” tegasnya.

Meski dijamin konstitusi, lanjutnya, penyampaian pendapat di muka umum juga dibatasi oleh aturan hukum. Sehingga harus dilakukan dengan menjaga dan menghormati ketertiban umum.

“Kami percaya sebagian besar adik-adik mahasiswa sedang berpuasa. Sehingga unjuk rasa di bulan suci ini pasti akan dilaksanakan damai dan bisa menghormati hak serta kebebasan warga negara lainnya yang sedang beribadah,” tuturnya.

Dia juga kembali mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu dan bergotong-royong menghadapi tantangan di masa transisi Covid-19. Utamanya di bidang ekonomi.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X