Ini Cara Melejitkan Daya Saing SDM di Era Digital.

- Rabu, 13 April 2022 | 15:55 WIB
seminar online Literasi Digital, mengusung tema: “Menjadi Wirausaha yang Handal melalui Platform Digital”. (Istimewa)
seminar online Literasi Digital, mengusung tema: “Menjadi Wirausaha yang Handal melalui Platform Digital”. (Istimewa)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyelenggarakan seminar online Literasi Digital, mengusung tema: “Menjadi Wirausaha yang Handal melalui Platform Digital”.

Menghadirkan Dr. H. Jazuli Juwaini, M.A. Anggota Komisi I DPR RI, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI serta Prof. Dr. H. Ahmad Sihabudin, M.Si selaku Dekan FISIP Untirta.

Seminar Literasi Digital yang diinisiasi Kementerian Kominfo terhadap Program Literasi Digital ini, melibatkan berbagai elemen masyarakat, dengan memiliki beberapa tujuan.

Diantaranya mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan bisnis, memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat.

Memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh Ditjen APTIKA, serta mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.

Dr. H. Jazuli Juwaini, M.A, menyampaikan, diera teknologi digital, dunia berkembang begitu pesat dan informasi tidak dapat lagi tersekat, karenanya mudah terakses setiap informasi yang ada di belahan dunia dengan berbagai macam teknologi atau alat komunikasi yang digunakan, dimana saja dan kapan saja.

"Ada manfaat dan hal negative di dalamnya, untuk itu, hal yang penting yakni bagaimana kita mampu menangkap peluang di era digital ini serta teknologi, agar membuat masyarakat bukan hanya sebagai objek pasar," katanya secara dari, Selasa (12/4/2022).

Dia menambahkan, berdasarkan data yang ada, sebanyak 202,6 juta warga Indonesia aktif menggunakan internet. "Memanfaatkan dunia digital, namun jangan cepat puas, harus terus mengupgrade diri secara baik, sehingga kita tidak melewatkan peluang bonus demografi yang ada, khususnya bagi para mahasiswa yang menjadi insan terdidik," imbuh dia. 

Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. menyampaikan, pesatnya perkembangan teknologi menjadikan hadirnya teknologi digital kian membuat kita harus terus beradaptasi dengan perubahan yang pesat.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Ajukan Kasasi Kasus KSP Indosurya

Minggu, 29 Januari 2023 | 18:28 WIB

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:30 WIB
X