7 Ribu Bus dari Bandung Siap Angkut Pemudik ke Kampung Halaman

- Rabu, 13 April 2022 | 16:05 WIB
Plt Kepala Bidang Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara
Plt Kepala Bidang Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara

BANDUNG jakarta.suaramerdeka.com - Sebanyak 7 ribu bus bakal dikerahkan untuk melayani pemudik dari Kota Bandung ke sejumlah kota tujuan pada masa Angkutan Lebaran 2022.

"Bus-bus tersebut kita siapkan di dua terminal yakni Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum," kata Plt Kepala Bidang Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara pada giat "Bandung Menjawab", Rabu (13/4/2022).

Arus mudik pada tahun ini diprediksi bisa mencapai tiga kali lipat dari dinamika pulang kampung pada 2019. Untuk itu, pihaknya menggelar sejumlah persiapan.

Di antaranya, timnya akan melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) untuk memastikan kelaikan jalan kendaraan sehingga berimbas pada keselamatan perjalanan.

Baca Juga: Ini Cara Melejitkan Daya Saing SDM di Era Digital.

"Mulai pekan ini kami akan melakukan pemeriksaan layak jalan kendaraan di Terminal Cicaheum. Kami juga akan kolaborasi dengan kepolisian dan Organda untuk melakukan inspeksi di beberapa lokasi," katanya.

Ramp check itu tak terlepas dari temuan awal bahwa dari 20 kendaraan yang diperiksa hanya ada dua yang tidak laik jalan.

Menurut dia, hal itu terjadi karena banyaknya unit yang tidak beroperasi sejak larangan mudik diberlakukan dua tahun terakhir.

"Contohnya, itu banyak yang bermasalah di wiper. Meski sepele, tapi ini sangat dibutuhkan kalau hujan. Lalu ada juga kaca film. Harusnya tidak boleh pakai kaca film karena tidak aman. Atau lampu arah yang rusak," katanya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi, Sido Muncul Bantu Cianjur

Selasa, 6 Desember 2022 | 06:33 WIB

Perpusnas Sejahterakan Masyarakat

Senin, 5 Desember 2022 | 15:46 WIB
X