Ramp Check Digelar, Cegah Armada Bus Tak Laik Jalan Ambil Penumpang Mudik

- Kamis, 14 April 2022 | 13:08 WIB
Giat Rampcheck Di Terminal Cicaheum Bandung, Kamis (13/4/2022).
Giat Rampcheck Di Terminal Cicaheum Bandung, Kamis (13/4/2022).

BANDUNG jakarta.suaramerdeka.com - Menyusul kepastian masyarakat tak lagi dilarang mudik, jajaran petugas Dishub Provinsi Jabar mulai menggelar pemanasan melalui inspeksi keselamatan (ramp check) armada bus.

Mereka menggelar kegiatan tersebut di Terminal Cicaheum yang merupakan pusat pergerakan bus AKAP dan AKDP dari Kota Bandung ke sejumlah kota di Jabar, Jateng, Yogyakarta, dan Jatim, pada Kamis (14/4/2022).

Menurut Kepala UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah II Dishub Jabar, Adnan Guntara, langkah itu menjadi makin berarti mengingat dalam dua tahun terakhir, hajatan rutin itu absen gegara pandemi Covid-19.

Hal tersebut berkaitan dengan keandalan armada yang dimiliki perusahaan-perusahaan otobis. Pasalnya, banyak armada yang menganggur pada saat pandemi karena sepi penumpang.

Baca Juga: Krisis Berlarut Bisa Jatuhkan Semua Rezim di Dunia

"Sempat ada kekhawatiran itu. Lebaran kan permintaan tinggi, apalagi sudah dua kali dilarang, sementara kita tak tahu detail kondisi armada, karena gak banyak yang jalan banyak, banyak nongkrong di garasi," katanya di Terminal Cicaheum Bandung, Kamis (14/4/2022).

Untuk itu, pihaknya ingin benar-benar memastikan pelaksanaan ramp check terhadap bus-bus luar kota tersebut berjalan sesuai dengan prosedur. Jangan sampai mereka kecolongan pada saat arus mudik sudah berlangsung.

"Kalau sesuai aturan, tak ada toleransi terhadap pelanggaran yang dilakukan. Tapi ini kan masih ada waktu, ini juga terkait dengan tingkat pelanggaraannya, sepanjang masih ada kesempatan bisa dibenahi, benahi," katanya.

Baca Juga: Ringkas, Pembukaan Rekening Efek Syariah CIMB Niaga Catatkan Rekor MURI

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nikmati Keindahan Pacitan Bersama DAMRI

Jumat, 3 Februari 2023 | 13:50 WIB

Ikrar Petani MSP Tolak Impor Beras oleh Pemerintah

Jumat, 3 Februari 2023 | 11:17 WIB

Ramalan Cuaca Jabodetabek pada Jumat, 3 Februari 2023

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:43 WIB
X