Pemerintah Harus Maksimalkan Diplomasi dan Kuota Jamaah Haji

- Jumat, 15 April 2022 | 15:18 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Saktia Andri Susilo)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Saktia Andri Susilo)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Pemerintah harus bergerak cepat untuk mempersiapkan pelaksanaan Ibadah Haji 2022. Hal itu mengingat pemerintah Arab Saudi sudah membuka kuota haji tahun ini untuk satu juta jamaah.

“Pemerintah juga harus bergerak cepat untuk memaksimalkan diplomasi, agar Indonesia bisa mendapatkan kuota maksimal,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Jakarta, Jumat (15/4).

Menurutnya, pemerintah juga perlu memastikan persiapan teknis. Sehingga jamaah haji terlayani dengan baik. Bagaimanapun, lanjutnya, dibukanya kuota haji mencapai 1 juta jemaah tahun ini harus disambut dengan baik dan dipersiapkan sebaik mungkin.

“Umat muslim di Indonesia sudah lama menanti agar bisa kembali menunaikan ibadah haji. Sebab, selama dua tahun berturut-turut Indonesia tak bisa memberangkatkan umat muslim ke tanah suci karena ibadah haji akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Pada 2020, Arab Saudi hanya membuka 1.000 kuota jamaah haji bagi warganya. Lalu tahun selanjutnya, kuota meningkat menjadi 60.000, namun masih dikhususkan bagi warga Arab Saudi.

Sementara, DPR RI dan Menteri Agama sudah mengesahkan biaya haji tahun 2022 sebesar Rp 39.886.009. Dia juga mengingatkan pemerintah untuk melobi Arab Saudi dan memastikan agar Indonesia mendapatkan jumlah kuota haji yang memadai.

“Bahkan jika memungkinkan, Indonesia bisa diberi kuota tambahan dari sisa kuota haji negara lain yang tidak terserap. Selain masalah kuota haji, persiapan pemberangkatan jamaah dan penyediaan fasilitas disana harus dilakukan dengan sebaik-baiknya,” tandas dia.

Dikatakan, semua pihak harus bergotong royong guna mensukseskan penyelenggaraan Ibadah haji tahun ini. Hal itu agar jamaah haji asal Indonesia dapat menikmati berbagai layanan.

“Mulai dari yang pokok hingga ke masalah terkecil sekalipun, termasuk terpenuhinya ketersediaan air minum bagi para jamaah dalam menghadapi badai panas di Tanah Suci,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

LMK Pelari Datang, Revolusi Royalti Menjelang.

Sabtu, 4 Februari 2023 | 07:55 WIB

ASEAN Tak Boleh Menjadi Proksi Pihak Mana Pun

Jumat, 3 Februari 2023 | 22:16 WIB

Kerja Sama Politik, PDIP Lihat Kesamaan Ideologi

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:49 WIB

Tokoh Muda NU Bela OJOL, Tolak Bayar ERP

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:37 WIB

Konektivitas Transportasi di Aceh Terus Ditingkatkan

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:31 WIB

Nikmati Keindahan Pacitan Bersama DAMRI

Jumat, 3 Februari 2023 | 13:50 WIB

Ikrar Petani MSP Tolak Impor Beras oleh Pemerintah

Jumat, 3 Februari 2023 | 11:17 WIB
X