ASDP Resmi Berlakukan Transaksi Non Tunai di Pelabuhan Bajoe dan Kolaka

- Jumat, 15 April 2022 | 21:48 WIB
ASDP terapkan Transaksi Non Tunai di Pelabuhan Bajoe, Sulsel.
ASDP terapkan Transaksi Non Tunai di Pelabuhan Bajoe, Sulsel.

BAJOE jakarta.suaramerdeka.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan program digitalisasi pembayaran tiket penyeberangan terus diperluas. Termutakhir, ASDP menerapkannya di Pelabuhan Bajoe, Sulawesi Selatan dan Pelabuhan Kolaka di Sulawesi Tenggara.

Menurut Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin, perseroan konsisten untuk memperluas penerapan digitalisasi pembayaran tiket penyeberangan. Pengguna jasa kini dapat memanfaatkan channel pembayaran non-tunai baik melalui virtual account, kartu prepaid, dan layanan Dompet Elektronik.

"Kami akan terus mengakselerasi dan memperluas program cashless ini ke seluruh cabang. Tahun ini, targetnya 17 pelabuhan, dan dengan implementasi di Pelabuhan Bajoe dan Kolaka, maka sudah terealisasi 6 pelabuhan atau sudah mencapai 40 persen dari target tahun ini," katanya dalam keterangannya, Jumat (15/4/2022).

Langkah itu pun tak terlepas dari pengamatan bahwa masyarakat makin teredukasi dan antusias. Dalam tiga tahun terakhir, masyarakat semakin melek dengan perubahan dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Baca Juga: Menteri Ida Fauziyah Optimistis Pengusaha Bakal Bayar THR secara Penuh

Melalui penerapan digitalisasi dalam transaksi pembayaran, ASDP juga ingin meningkatkan customer experience para pengguna jasa. "Mereka membeli tiket ferry dan melakukan pembayaran dengan kartu elektronik yang prosesnya simpel, mudah dan cepat," tandas Shelvy.

Lebih dari itu, perseroan ingin fokus dan konsisten dalam digitalisasi bisnis sebagai wujud komitmen merubah wajah penyeberangan menjadi lebih modern. "Setelah sebelumnya di Pelabuhan Batulicin, Kalimantan Selatan sekarang lanjut di Bajoe dan Kolaka. Dan dalam waktu dekat kami juga akan go live di Jepara, Jawa Tengah," katanya.

Tahun ini, 17 Pelabuhan yang ditargetkan sudah menerapkan pembayaran cashless adalah Pelabuhan Bira dan Pamatata (Selayar),Pelabuhan Jepara dan Karimunjawa (Jepara), Pelabuhan Batulicin dan Tanjung Serdang (Batulicin), Pelabuhan Bajoe dan Kolaka (Bajoe), Pelabuhan Sape dan Labuan Bajo (Sape), Pelabuhan Tanjung Kelian (Bangka), Pelabuhan Hunimua, Waipirit, Galala dan Namlea (Ambon), Pelabuhan Pagimana (Luwuk), dan Pelabuhan Mamuju (Balikpapan).

Baca Juga: Peneliti BRIN: Pilihan Tepat Penyesuaian Harga BBM Saat Harga Minyak Tinggi

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas Lewat Jarkom

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:36 WIB

Soal Tanam Maju, Ini Penjelasannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:44 WIB

Jelang Pilpres 2024, Parpol Mulai Tawar Menawar

Jumat, 30 September 2022 | 20:38 WIB
X