Sukseskan Nusantara Cinta Zakat, Sejumlah Gubernur Berzakat Melalui Baznas

- Minggu, 17 April 2022 | 13:17 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menunaikan zakat melalui Baznas (Humas Baznas)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menunaikan zakat melalui Baznas (Humas Baznas)

JAKARTA- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menerima penyerahan zakat dari sejumlah gubernur beserta para jajarannya dalam acara penyerahan zakat yang bertajuk "Nusantara Cinta Zakat".

Bersamaan dengan Zakat Istana yang dilakukan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI KH. Maruf Amin pada 12 April 2022, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Riau H. Syamsuar turut menyerahkan zakat ke Baznas pada Selasa (12/4), sebelumnya Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyerahkan zakat pada Kamis (7/4), serta Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menunaikan zakat kepada Baznas pada Kamis (14/4).

Hal tersebut sejalan dengan arahan Presiden RI Jokowi yang mengimbau kepada seluruh pejabat negara, seluruh pejabat BUMN, seluruh perusahaan swasta dan seluruh kepala daerah beserta jajarannya untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui Baznas.

Sementara itu yang terkini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut menyerahkan zakat kepada Baznas yang diikuti para pejabat lainnya, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (15/4).

“Sore hari ini kita berkumpul untuk menunaikan salah satu kewajiban kita sebagai umat muslim yaitu berzakat," kata Khofifah saat melakukan penyerahan zakat yang juga disaksikan oleh Pimpinan Baznas RI Caj. Kol (Purn), Nur Chamdani serta Ketua Baznas Jatim, K.H. Roziqi.

Khofifah juga mengucapkan terima kasih kepada Baznas Jatim karena telah melakukan banyak hal untuk bisa mentasarufkan zakat yang sudah dikumpulkan oleh para muzaki. "Semoga berkah dan manfaat untuk kita semua," katanya.

Sementara itu, Pimpinan Baznas RI, Caj. Kol (Purn), Nur Chamdani mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian gerakan nasional bertema “Nusantara Cinta Zakat”.

"Tanggal 12 April 2022 lalu dimulai oleh Presiden RI. Beliau menyerahkan zakat kepada Baznas RI dan mengimbau kepada pejabat negara, baik menteri dan pimpinan daerah, serta BUMN dan swasta untuk menyerahkan zakat kepada Baznas RI sehingga dapat dikelola secara profesional dan amanah,” ucap Nur Chamdani.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Jatim, K.H. Roziqi melaporkan, potensi zakat se-Jatim kurang lebih Rp487 Miliar dalam kurun waktu setahun, dari ASN yang jumlahnya 458.197 orang dan perusahaan daerah.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puan Dinilai Capres yang Kuat

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:37 WIB

Miliki Pandangan Sama, PSI Potensial Gabung KIB?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:52 WIB

DPR Siap Selenggarakan Sidang Tahunan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:36 WIB

Ronny Talapessy Kuasa Hukum Baru Bharada E

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:00 WIB

Teater Impian Dream Theater

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:51 WIB
X