Baznas Luncurkan Z Auto, Program Pemberdayaan Mustahik di Bidang Usaha Bengkel Motor

- Selasa, 19 April 2022 | 04:35 WIB
Foto Humas Baznas
Foto Humas Baznas

JAKARTA- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Z Auto, sebuah program pemberdayaan UMKM di bidang usaha bengkel motor yang akan dikelola para mustahik binaan.

Pada program Z Auto, Baznas memberikan bantuan modal serta pelatihan dan pendampingan teknis secara berkala demi mendorong kemandirian ekonomi mustahik.

Pada Ramadhan 1443 H, Baznas menginisiasi terbentuknya 25 bengkel dalam program Z Auto di wilayah Jakarta, Bekasi, dan Bogor, hingga kemudian program ini nantinya akan dikembangkan ke seluruh Indonesia.

Peluncuran program Z Auto dilakukan di Kantor Baznas RI, Jakarta, Senin (18/4), dengan dihadiri Ketua Baznas RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendayagunaan dan Pendistribusian, Saidah Sakwan MA, Ketua Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta Akhmad H. Abubakar, dan Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar.

Ketua Baznas RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA, mengatakan Z Auto merupakan salah satu upaya Baznas dalam mencapai visi menyejahterakan umat, dan akan melengkapi berbagai program pemberdayaan Baznas lain yang telah terlebih dahulu digulirkan.

"Program Z Auto ini merupakan salah satu program unggulan Baznas di Ramadhan 1443 H yang menyasar pemberdayaan mustahik di bidang otomotif. Baznas mendorong kebangkitan usaha para pelaku usaha rentan, mereka yang terpuruk di masa pandemi agar segera bangkit dan berdaya bersama," kata Noor Achmad.

Noor mengatakan, Baznas serius dalam mengembangkan program Z Auto, agar bisa memberi manfaat seperti program-program Baznas lain, yang telah mampu mengangkat perekonomian masyarakat rentan. Menyejahterakan umat dan mengentaskan kemiskinan selalu jadi tujuan akhir Baznas dalam menciptakan berbagai program unggulan.

"Sebelumnya Baznas telah menginisiasi berbagai program lain seperti ZMart dan ZChicken yang alhamdulillah berhasil membantu masyarakat prasejahtera untuk mandiri secara ekonomi. Semoga upaya Baznas ini selalu diberi kemudahan agar bisa dirasakan manfaatnya secara baik," ujar Noor.

Sementara itu Pimpinan Baznas RI Bidang Pendayagunaan dan Pendistribusian, Saidah Sakwan MA, menjelaskan hadirnya program Z Auto tak lepas dari fenomena maraknya sepeda motor khususnya di kawasan perkotaan. Hal ini yang akan dimanfaatkan Baznas untuk dikemas menjadi program pemberdayaan.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perlindungan Data Pribadi Sangat Penting

Selasa, 7 Februari 2023 | 19:25 WIB
X