Mudik Lebaran Berpotensi Alami Kemacetan Parah

- Selasa, 19 April 2022 | 10:23 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani.
Ketua DPR RI Puan Maharani.

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Pemerintah diingatkan untuk memfasilitasi masyarakat yang hendak mudik sebaik mungkin. Terlebih, ada potensi kemacetan parah pada mudik Lebaran 2022.

“Sehingga, segala persiapan dan langkah antisipasi harus disiapkan pemerintah sebaik dan sedini mungkin,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Jakarta, Selasa (19/4).

Hal itu agar masyarakat bisa mudik dengan selamat dan tenang. Dia juga meminta pemerintah menyiapkan skenario terburuk, jika terjadi kemacetan parah di luar prediksi.

Seperti diketahui, diperkirakan akan ada 80 juta orang yang mudik ke kampung halamannya. Dimana 14 juta di antaranya berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Dari hasil survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sebanyak 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor akan bergerak bersama pemudik. Karenanya, kementerian dan instansi yang terlibat dalam penanganan mudik Lebaran, harus mempersiapkannya dengan baik.

“Antara lain infastruktur serta sarana dan prasarana yang memadai bagi pemudik. Kita memaklumi antusiasme warga mengingat akibat pandemi Covid-19 setelah dua tahun masyarakat tidak diperkenankan mudik saat Lebaran,” ujarnya.

Antusiasme mudik yang tinggi itu, harus disikapi dengan persiapan matang dari pihak otoritas. Dia juga mengingatkan, pentingnya setiap detail kebutuhan masyarakat dipersiapkan selama perjalanan mudik.

“Pengamanan di setiap titik keramaian juga penting dilakukan. Jangan sampai karena kurangnya persiapan, terjadi lagi kemacetan hingga 20 jam di dalam tol dan memakan korban jiwa seperti pada 2016 lalu,” tandasnya.

Dia juga meminta aparat keamanan bekerja sama dengan tenaga kesehatan di posko-posko mudik. Termasuk di stasiun kereta api, pelabuhan, bandara, terminal bus dan di jalur-jalur darat.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Pemerintah Ajukan Kasasi Kasus KSP Indosurya

Minggu, 29 Januari 2023 | 18:28 WIB

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:30 WIB
X