Supaya Gaung Presidensi G20 Lebih Jos, Kominfo Gelar Bimtek Penulisan Siaran Pers yang Bernas

- Kamis, 21 April 2022 | 03:15 WIB
Bimtek Kehumasan: Membuat Siaran Pers yang Menarik.
Bimtek Kehumasan: Membuat Siaran Pers yang Menarik.

JAKARTA jakarta.suaramerdeka.com - Demi makin menggaungkan event Presidensi G20 Indonesia 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar kegiatan yang bertujuan mengasah kembali kemampuan pembuatan siaran pers yang bernas.

Kegiatan itu berupa Bimbingan Teknis Kehumasan yang bertajuk "Membangun komunikasi publik G20 Melalui Siaran Pers yang Efektif dan Memenuhi Standar Penulisan", di Tangerang Selatan, Rabu (20/4/2022).

Hal itu tak terlepas dari peran Kominfo sebagai koordinator kehumasan pada Presidensi G20 bekerja sama dengan Kantor Staf Kepresidenan sehingga kesuksesan komunikasi publik penyelenggaraan Presidensi G20 jadi tuntutan.

Menurut Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo, Nursodik Gunarjo, penulisan siaran pers yang terstruktur dan dikonstruksi dengan baik akan menghasilkan narasi yang mudah diterima media untuk kemudian dijadikan konten dalam pemberitaannya.

Baca Juga: Harga Kebutuhan Pokok Masih Tinggi, Megawati: Jangan Cengeng Soal Kenaikan Harga!

Kemampuan menyusun dan menghasilkan siaran pers seperti itu, katanya, akan mendorong gaung yang dihasillan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang menjadi konsumen media.

"Siaran pers merupakan salah satu amunisi yang penting dalam menyampaikan narasi Presidensi G20 kepada media dan publik. Karena itu, siaran pers menjadi salah satu yang penting, maka seyogyanya harus dibuat dengan kaidah-kaidah yang memenuhi standar penulisan media baik itu dari segi format maupun substansinya," kata Nursodik.

Dijelaskan Presidensi G20 Indonesia yang berlangsung sepanjang 2022 saat ini tengah disorot dunia. Untuk itu komunikasi publik yang kuat dan masif yang dilakukan secara sistematis dan terencana dalam siaran pers, mutlak diperlukan. Hal ini untuk memenangkan narasi positif yang mampu memberi nilai tambah terkait peran Indonesia di G20.

Baca Juga: Kapolri Imbau Warga Mudik Sebelum Tanggal 28 April

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada Ojek Gratis untuk Jamaah Puncak Resepsi 1 Abad NU

Minggu, 5 Februari 2023 | 20:42 WIB

Nah, Pemalsu Freshmag Divonis 1,5 Tahun Penjara,

Minggu, 5 Februari 2023 | 18:46 WIB

Keren, Kopiko jadi sponsor utama Kopiko F1 Powerboat

Minggu, 5 Februari 2023 | 10:54 WIB
X