Tiga Produk Alpalhankam Sarat Teknologi Len Siap Jaga Kedaulatan NKRI

- Jumat, 22 April 2022 | 23:51 WIB
Radar GCI (Ist)
Radar GCI (Ist)

JAKARTA jakarta.suaramerdeka.com - Dalam peluncuran holding BUMN industri pertahanan, DEFEND ID, PT Len Industri Rabu (20/4/2022) memperkenalkan tiga program pengembangan yang ditujukan guna memperkuat penjagaan wilayah kedaulatan NKRI.

Salah satunya adalah Radar Ground-Controlled Interception. Radar yang terhubung ke pusat komando sehingga memudahkan penindakan melalui pesawat tempur atas target udara.

Lebih lengkapnya, Radar GCI merupakan salah satu alutsista utama yang digunakan dalam mempertahankan wilayah kedirgantaraan NKRI. Ketika beroperasi, pengontrol radar GCI dapat memberikan pengarahan dan pengawalan terhadap pesawat tempur dalam melakukan pencegatan alias interception.

Len menyebutnya sebagai Calon Pengawal Wilayah Udara NKRI. Radar tersebut termasuk prioritas riset nasional dan program prioritas industri pertahanan nasional.

Baca Juga: Kapolri Antisipasi Kemacetan Hingga Vaksinasi Booster saat Mudik

Dalam pengembangannya termasuk giat rekayasa dan penelitian, BUMN yang berbasis di Bandung itu melibatkan PT LAPI ITB, PT Radar Telekomunikasi Indonesia (RTI) dan PT Infoglobal Teknologi Semesta (ITS) yang bergabung dalam KSO Litbangyasa Radar GCI dan sokongan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan.

Kegiatan Pengembangan Radar GCI tersebut dimulai sejak tahun 2021 dan ditargetkan selesai pada tahun 2024.

Dengan kemampuan tersebut, radar GCI bakal mempunyai peran krusial dalam membangun Network Centric Warfare (NCW), sebuah doktrin peperangan yang berbasis pada konektivitas jaringan komunikasi dan data secara real time dari markas ke unit-unit tempur dan sebaliknya.

Dalam kaitan NCW pula, Len mengembangkan tactical data link, penghubung antar matra TNI. TDL merupakan alat komunikasi data antar alutsista yang memungkinkan setiap alutsista untuk bertukar data taktis yang saling terintegrasi, sehingga meningkatkan kesadaran situasi, situation awareness, dan efisiensi koordinasi antar alutsista.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Pastikan Usut Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo

Minggu, 25 September 2022 | 21:58 WIB

Festival Film Pelajar Dihidupkan Lagi.

Minggu, 25 September 2022 | 16:50 WIB

Pakar Kasih Bocoran Tips Bisnis Gunakan Aplikasi Whatsapp

Minggu, 25 September 2022 | 14:58 WIB

LVRI Ingin Generasi Mendatang Berkarakter Kebangsaan

Minggu, 25 September 2022 | 12:48 WIB

Dubes Ukraina Tetap Diplomasi ke Yogya Meski Cedera Kaki

Minggu, 25 September 2022 | 10:32 WIB

PHE Aktif Buru Cadangan Migas dengan Teknologi Mutakhir

Minggu, 25 September 2022 | 09:32 WIB
X