Benny Benke Beri Kuliah Umum di UI

- Minggu, 24 April 2022 | 11:06 WIB
Universitas Indonesia (Istimewa)
Universitas Indonesia (Istimewa)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,-
Berpikir adalah kesadaran, Cogito Ergo Sum kita merasa ada karena kita berpikir. Dengan berpikir, seseorang akan menemukan jati diri yang khas melalui karya kreatifnya.

Cara berpikir seseorang dapat mempengaruhi perilakunya, faktor pengetahuan dan pengalaman seseorang menjadikan aspek penting yang mendukung seseorang dalam pengambilan keputusan.

Seseorang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang baik akan lebih kritis dalam melihat fenomena yang terjadi. Ada sebuah proses mental yang melibatkan beberapa manipulasi pengetahuan di dalam sistem kognitif untuk mengiyakan sebuah fenomena atau informasi sesuai fakta atau tidak.

Baca Juga: Perang dan Damai

"Ketika seseorang sudah mampu berpikir secara kritis artinya ia sudah memiliki elemen pengontrol yang menyatu dalam proses kesadaran itu sendiri yang dinamakan kesadaran total atau circumspection," demikian dikatakan Dosen Pengampu Mata Kuliah Berpikir Kritis dan Kreatif, Program Studi: Bisnis Kreatif, Fakultas Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Hasyim Asy’ari.

Menurut Hasyim Asy’ari, circumspection merupakan pendekatan berpikir seseorang dengan melihat dari berbagai sudut pandang. Mengontrol informasi dari aspek makna, alasan dan masalah yang menjadi sebab akibat dari suatu fenomena.

Baca Juga: Rusia, Ukraina, AS dan NATO; Siapa Pandawa, Siapa Kurawa?

"Karena itu kami mengundang Benny Benke, seorang wartawan senior, seniman dan pengamat industri perfilman Indonesia yang telah berkiprah selama kurang lebih 20 tahun. Untuk memberikan Kuliah Umum Mata Kuliah Berpikir Kritis dan Kreatif, Program Studi: Bisnis Kreatif, Fakultas Pendidikan Vokasi di UI," katanya di Jakarta, Minggu (24/4/2022).

Benny Benke, masih menurut Hasyim Asy’ari, telah memberikan berbagai pemikiran kritis dan kreatifnya. Dan telah banyak dituangkan dalam karya-karyanya baik melalui media, buku, dan novel yang ia terbitkan. Termasuk pernah mendapatkan Piala Citra untuk Film Dokumenter Terbaik pada FFI 2006.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puan Dinilai Capres yang Kuat

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:37 WIB
X