Demi Kurangi Beban Arus Puncak, Pekerja Diminta Mudik Lebih Awal

- Minggu, 24 April 2022 | 13:56 WIB
Pemudik melintasi Tol Cipali.
Pemudik melintasi Tol Cipali.

BANDUNG jakarta.suaramerdeka.com - Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum meminta perusahaan segera mencairkan tunjangan hari raya bagi karyawan sehingga bisa mudik lebih cepat. Dengan demikian, katanya, beban puncak arus mudik menjadi lebih ringan.

Puncak arus mudik di Jabar sendiri diprediksi terjadi 29-30 April 2022. "Saya sudah bertemu dengan beberapa perusahaan untuk segera memberikan THR lebih awal, dengan begitu pekerja bisa pulang," katanya dalam keterangannya, Minggu (24/4/2022).

Permintaan itu tak terlepas dari posisi Jabar sebagai provinsi dengan jumlah pekerja terbanyak sehingga mempunyai peran penting dalam pengurangan beban mudik.

Dengan pemberian THR paling lambat pada H-7, pekerja dapat mudik pada hari libur yang telah ditetapkan perusahaan. "Jabar buruhnya sangat banyak karena memang pabriknya pun banyak," katanya.

Baca Juga: Sembilan Produk Pemantauan Gempa hingga Cuaca Siap Jadi Barang Komersial

Selain industri, katanya, sektor lain yang dapat mengurangi beban mudik adalah pendidikan seperti pondok pesantren dan lembaga pendidikan berbasis asrama lainnya.

Manajemen kepulangan santri atau siswa harus betul - betul dipikirkan. Kepada pesantren, Uu yang juga Panglima Santri Jabar telah meminta pihak pondok meliburkan santrinya sebelum H-10 Lebaran atau pada tanggal 15 Ramadan.

"Saya juga imbau tanggal 15 Ramadhan kemarin, santri untuk segera diliburkan. Karena memang di Jabar ada sekitar 15 ribu pondok pesantren dengan 4,8 juta santri, itupun kami mengimbau dan sudah dilaksanakan," katanya.

Baca Juga: Dihujat Fans Berat Kangen Band dan Armada, Akhirnya Zinidin Zidan Minus Tri Suaka Mohon Permintaan Maaf

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASDP Dukung Perhelatan Sail Tidore 2022

Minggu, 27 November 2022 | 19:03 WIB

Rambut Halim HaDe

Minggu, 27 November 2022 | 12:41 WIB

Mbah Mijan Foto Selfi dengan PM Malaysia Terpilih

Minggu, 27 November 2022 | 11:45 WIB

Mensos Risma Terima Nawacita Awards 2022

Minggu, 27 November 2022 | 07:43 WIB
X