Pemprov Jateng Sudah Antisipasi Puncak Mudik pada H-3 Lebaran

- Selasa, 26 April 2022 | 07:01 WIB
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro (FMB9)
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro (FMB9)


JAKARTA– Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi puncak arus mudik pada H-3 Lebaran karena diprediksi bakal banyak orang yang mudik ke wilayahnya.

ahkan siap melayani para pemudik yang akan melintas dari Jakarta ke Jawa Timur mencapai 16,8 juta orang.

"Pada prinsipnya Jawa Tengah siap untuk bagaimana kita melayani tamu-tamu kita, saudara-saudara kita yang akan mudik, baik itu yang akan ke Jawa Tengah maupun yang akan melintas," kata Henggar dalam acara diskusi daring bertema "Berkah Mudik untuk Daerah" yang digelar FMB9, Senin (25/4/22).

Baca Juga: Kominfo Luncurkan Buku Elektronik “Mudik Aman dan Sehat, Mudahkan Masyarakat Cari Info Seputar Mudik

Saat ini, kata Henggar, ada lima ruas jalan yang dapat digunakan pemudik untuk melintas dari ujung timur ke barat Pulau Jawa dan sebaliknya. Antara lain jalan Pantura, jalan tol, jalur tengah dan jalur Pansela serta jalur lingkar selatan.

"Ada lagi salah satu jalur yang saat ini, kemarin pak KemenPUPR sudah mulai mempublikasi mengharapkan banyak dilewati oleh para pemudik yakni jalur lingkar selatan," ujarnya.

Henggar berharap, nanti pemudik dapat menjadikan jalur lingkar selatan ini sebagai jalur alternatif. Kondisi jalannya, kata Henggar, sudah dalam kondisi siap dipakai.

"Jadi secara keseluruhan, di Jawa Tengah ini pada prinsipnya sudah siap semua. Karena memang nanti termasuk rencana pemberlakuan one way itu kan nanti berakhir di KM 141, Kali Kampung," tambahnya.

Baca Juga: Ciptakan Generasi yang Melek Digital, Sahabat Ganjar Gelar Hackathon 2022

Pihaknya sudah menyiapkan sejumlah skenario untuk diterapkan dalam rangka mengatasi masalah kemacetan di jalur alternatif. Terutama diujung one way dari arah barat yakni di exit toll Kali Kampung.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Atmos Hadir Lagi di Urban Sneaker Society 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 | 11:09 WIB

Farha, Banyak Kejahatan di Luar Sana.

Sabtu, 10 Desember 2022 | 08:30 WIB
X