Tak Menyesal Gagal di ZYP, Riyadno Dapat Banyak Tawaran Bantuan Dana Untuk Smart Farm Academy

- Selasa, 26 April 2022 | 09:56 WIB
Riyadno, initiator Smart Farm Academy (dok pribadi)
Riyadno, initiator Smart Farm Academy (dok pribadi)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com Walau tak memenangkan hadiah dari Zayed Sustainability Prize (ZSP), namun  sociopreneur Riyadno tak menyesal.

Pasalya, meski gagal, ia banyak mendapat pencerahan setelah mengikuti ajang penghargaan Zayed Sustainability Prize (ZSP) asal Uni Emirat Arab tersebut.

Program Smart Farm Academy yang diinisiasinya di 7 provinsi kini makin banyak mendapat tawaran bantuan dana dari sejumlah pihak.

“Saya memang gak menang di Zayed Sustainability Prize 2022, tapi penghargaan ini membuka kerangka berpikir saya bagaimana mengubah masyarakat menjadi lebih baik lagi,’’ kata Riyadno saat berbagi pengalaman bersama ZSP dan Asah Kabeikan di live Instagram Asah Kebaikan dan Youtub channel belum lama ini.

‘’Melalui pertanyaan yang diajukan oleh ZSP, pemikiran saya makin terbuka dan bekembang,’’ tutur Riyadno.

Baca Juga: Advokat Muda Indonesia Bergerak Wilayah Tangerang Somasi Hotman Paris, Diberi Waktu 3 Hari untuk Meminta Maaf

‘’Dari sana kemudian banyak donator yang mengatre mau membiayai program kami, Smart Farm Academy, termasuk di Tanah Datar, Sumatera Barat, untuk mengembangkan perkebunan buah naga,” ungkap Riyadno.

Riyadno sebelumnya sukses mencetak ratusan petani milenial di sejumlah daerah. Lewat Smart Farm Academy yang difasilitasinya, Riyadno membantu anak-anak muda menyulap lahan tidur menjadi tanah pertanian/perkebunan penghasil cuan.

“Program Smart Farm Academy saat ini sudah mencetak 300 petani muda yang saya sebut patriot di 20 titik di 7 provinsi dan mengubah ekonomi masyarakat melalui prgram petani cerdas ini,” kata Riyadno yang memulai programnya di Desa Cibugel, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Diserang Buzzer, Elektabilitas Puan Justru Naik

Senin, 3 Oktober 2022 | 08:42 WIB

Relawan Puan Bagikan Bantuan Pupuk Untuk Petani

Minggu, 2 Oktober 2022 | 20:13 WIB

Ikuti Parade Kebaya, Puan Jadi Sasaran Selfie

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:11 WIB

Gas Air Mata: All You Want To Know

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:00 WIB

Kejaksaan Jadi Lembaga Hukum Paling Dipercaya Publik

Minggu, 2 Oktober 2022 | 17:28 WIB
X