Pemudik Diarahkan ke Tol Cisumdawu Keluar Cimalaka, Tapi Hati-hati Kondisi Cireki

- Selasa, 26 April 2022 | 14:41 WIB
Tol Cisumdawu yang disiapkan untuk arus mudik Lebaran 2022.
Tol Cisumdawu yang disiapkan untuk arus mudik Lebaran 2022.

BANDUNG jakarta.suaramerdeka.com - Pemudik diminta melalui Tol Cisumdawu keluar exit Cimalaka, Sumedang pada Lebaran 2022. Hanya saja, pemudik mesti mempertimbangkan jalur tengah itu mengingat amblasan di Cireki, Tomo.

Pasalnya, belakangan ini, titik tersebut membuat kemacetan panjang arus lalu lintas dari kedua arah. Kendaraan yang melintas harus bergantian melewatinya bahkan sampai berjam-jam

Dengan kondisi tersebut, pemudik yang hendak melalui jalur tengah itu perlu mempertimbangkan secara seksama pilihan tersebut karena akan berpengaruh kepada waktu tempuh ke kampung halaman.

Cireki sendiri merupakan perlintasan dari jalur yang menghubungkan Bandung-Cirebon ke Pantura Jateng. Jalur ini termasuk yang dilewati Bus-bus AKAP dan alternatif menuju Majalengka dan Kuningan dibanding memutar via Tol Purbaleunyi-Tol Cipali.

Baca Juga: Penyediaan Tanda Tangan Elektronik dan e-Meterai, AFPI Gandeng TékenAja!

Kepala Dinas Bina Marga Jabar, Bambabg Tirtoyuliono tak menampik kondisi Cireki tersebut. Ruas yang berstatus jalan nasional itu tengah dalam proses perbaikan.

Hanya saja, dia menyebut bahwa perbaikan tersebut tak memungkinkan dirampungkan guna menunjang pergerakan masyarakat dalam musim Lebaran 2022.

"Di lokasi digunakan kebijakan buka tutup. Karena untuk Lebaran sepertinya belum bisa sepenuhnya bisa digunakan karena perbaikan secara permanen baru bisa dibangun usai Lebaran," jelasnya.

Meski demikian, pihaknya bersama pemerintah pusat terus melakukan penanganan termasuk menjadikan jalur tersebut bisa dilalui dengan lebih lancar guna membantu mobilitas warga yang hendak mudik.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Muamalat dan BMM Gelar Muamalat Berbagi

Senin, 6 Februari 2023 | 15:17 WIB
X