Baznas Terima Zakat Gubernur dan Kepala Daerah se-Jawa Tengah

- Kamis, 28 April 2022 | 16:08 WIB
Humas Baznas
Humas Baznas

JAKARTA- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menerima penyerahan zakat Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang diikuti oleh para kepala daerah dan instansi pemerintahan lain se-Jawa Tengah melalui Baznas Jateng, Selasa (26/4).

Penyerahan zakat yang bertajuk "Nusantara Cinta Zakat" tersebut disaksikan oleh Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA.

Prof Noor menyampaikan apresiasi atas penyerahan zakat Gubernur Jawa Tengah yang digelorakan melalui Gerakan Cinta Zakat. Jateng telah menjadi provinsi dengan perolehan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) terbesar di Indonesia yang mencapai Rp57,4 miliar pada 2021.

Menurutnya, inisiasi yang dilakukan Ganjar dalam menggandeng Baznas selalu dijadikan cerita di mana pun berada. Gerakan Cinta Zakat tersebut juga digulirkan untuk mengedukasi masyarakat bahwa zakat bisa disalurkan melalui Baznas.

"Maka dari itu, target Jateng untuk mencapai perolehan zakat pada 2022 yang potensinya Rp 76 miliar bisa tercapai. Insyaallah bisa diraih karena gubernurnya Pak Ganjar dan Insyaallah jadi percontohan nasional. Ini patut jadi contoh bupati wali kota se-Jateng. Insyaallah manfaatnya sangat besar,” kata Prof Noor.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaku senang bisa menggelar secara serentak kegiatan tersebut. Dia berharap, masyarakat bisa menyalurkan zakatnya melalui Baznas.

“Saya mengajak kepada warga Jateng, instansi di Jateng, pengusaha, yuk kita tunaikan zakat lewat Baznas,” ucapnya.

Ganjar meyakini, jika seluruh ZIS bisa dikonsolidasikan melalui Baznas, perolehan akan meningkat. Di sisi lain, akan semakin banyak juga yang akan menerima manfaatnya.

Melalui Baznas, Ganjar yakin penyaluran zakat bisa lebih merata dan transparan, mulai dari renovasi pondok pesantren, rumah ibadah, serta bisyaroh untuk guru agama dan honorer. Selain itu, zakat juga bisa dimanfaatkan untuk membantu korban bencana dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

17 Pelaku Perjudian Sabung Ayam Di Grobogan Ditindak

Senin, 30 Januari 2023 | 16:19 WIB

Juventus Cari Poin Selamat Di Liga Italia

Senin, 30 Januari 2023 | 08:36 WIB

Pemerintah Ajukan Kasasi Kasus KSP Indosurya

Minggu, 29 Januari 2023 | 18:28 WIB
X