Seperti Kakak Kandungnya Rachmat Yasin, Adiknya Ade Yasin Terjaring OTT KPK, Pukat UGM: Sinyal Buruk Demokrasi

- Jumat, 29 April 2022 | 21:00 WIB
Pukat UGM menilai menyebut kasus kakak-beradik ini merupakan contoh buruknya dinasti politik (Screenshoot instagram/@official.kpk)
Pukat UGM menilai menyebut kasus kakak-beradik ini merupakan contoh buruknya dinasti politik (Screenshoot instagram/@official.kpk)

YOGYAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-Pukat UGM menilai, kasus kakak-adik yang menjabat sebagai kepala daerah dan kemudian melakukan korupsi menjadi sinyal buruk demokrasi

Bupati Bogor Ade Yasin terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK seperti kakak kandungnya Rachmat Yasin. Keduanya terjerat OTT KPK saat menjabat sebagai Bupati Bogor.

"Ini tragis, kakak adik diproses KPK," kata Peneliti Pukat UGM Zaenur Rohman kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Untuk diketahui, dalam OTT terhadap Rachmat Yasin saat itu, tim KPK mengamankan uang miliaran rupiah. Uang itu adalah uang suap untuk sang pejabat terkait pengurusan lahan di Puncak dan Sentul.

Baca Juga: Bupati Bogor Ade Yasin Bantah Telah Menyuap Auditor BPK Perwakilan Jawa Barat Demi Predikat WTP

"Ini menunjukkan buruknya dinasti politik di daerah. Dinasti politik di daerah itu menunjukkan banyaknya mudarat, keburukan-keburukan," jelasnya.

Zaenur menyebut kasus kakak-beradik ini merupakan contoh buruknya dinasti politik. Dia menyebut dinasti politik bakal memunculkan potensi korupsi.

"Karena kekuasaan berkumpul di tangan satu orang sehingga tidak ada kekuatan politik lain yang melakukan pengawasan dan pengimbangan. Ini menjadi bukti politik dinasti sangat rawan terjadi korupsi," ucap dia.

Sebelumya diberitakan, Bupati Bogor Ade Yasin terjaring OTT KPK bersama 11 orang lainnya. Ke-12 orang itu hingga saat ini masih diperiksa BPK.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X