Ditjen Perhubungan Laut Siapkan Penanganan Arus Balik Lebaran

- Rabu, 4 Mei 2022 | 15:10 WIB

JAKARTA, jakarta.suaramerdeka.com - Usai penanganan arus mudik dengan transportasi laut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan langsung menyiapkan penanganan arus balik.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Mugen S Sartoto memastikan semua unsur terkait transportasi laut, khususnya para Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Operator Kapal di seluruh wilayah Indonesia siap menghadapi puncak arus balik pada moda transportasi laut Lebaran 1443 H/2022 yang diperkirakan terjadi pada tanggal 8 – 9 Mei 2022 mendatang.

"Kemenhub cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sudah mempersiapkan dengan baik untuk menghadapi puncak arus balik pada lebaran tahun 2022 ini termasuk antisipasinya jika terjadi lonjakan penumpang kapal. Saat ini memang belum puncak arus balik yang diperkirakan akan terjadi di minggu depan, tanggal 8-9 Mei 2022," kata Capt Mugen saat memimpin Rakor kesiapan Angkutan Arus Balik via zoom meeting untuk 110 Pelabuhan Pantau pada Rabu (4/5).

Capt. Mugen menginstruksikan kepada semua para Kepala UPT dan Operator Kapal di seluruh penjuru tanah air harus tetap mewaspadai adanya potensi atau masalah yang bisa berakibat terganggunya transportasi laut pada arus balik Lebaran tahun ini.

Baca Juga: Ini Alasan Pelatih Ansan Greeners Izinkan Asnawi Gabung ke Timnas U-23 di SEA Games 2021

“Intinya semua unsur dan petugas harus tetap jaga komunikasi dan koordinasi yang baik jika terjadi potensi atau masalah yang bisa mengganggu transportasi laut dengan semua instansi seperti Pemda setempat, TNI, POLRI dan unsur lainnya,” kata Capt. Mugen.

Menurut Capt. Mugen, khusus transportasi laut dengan prediksi puncak arus balik pada moda transportasi laut pada tanggal 8 sd 9 Mei 2022 mendatang, sehingga semua UPT dan para Operator Kapal harus sudah menyiapkan dengan baik dari sekarang.

“Saya berharap semua temen-temen di lapangan baik dari UPT dan Operator Kapal sudah menyiapkan semua sarana dan prasarana di semua pelabuhan, baik sarana sebelum di pelabuhan, di pelabuhan, di kapal, maupun pada saat proses embarkasi dan debarkasi para penumpang harus disiapkan sebaik mungkin untuk melayani para penumpang arus balik,” kata Capt. Mugen.

Baca Juga: Edun, Astronot SpaceX Milik Elon Akan Bawa Kopiko?

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nikmati Keindahan Pacitan Bersama DAMRI

Jumat, 3 Februari 2023 | 13:50 WIB

Ikrar Petani MSP Tolak Impor Beras oleh Pemerintah

Jumat, 3 Februari 2023 | 11:17 WIB
X