Antisipasi Hari Puncak Arus Balik, Satu Arah Kembali Digulirkan di Tol Trans Jawa, Mulai GT Kalikangkung-Halim

- Rabu, 4 Mei 2022 | 21:04 WIB
Petugas lakukan pengaturan di Limbangan, Garut. (tangkapanlayarpolresgrt)
Petugas lakukan pengaturan di Limbangan, Garut. (tangkapanlayarpolresgrt)

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Menjelang puncak arus balik Lebaran pada akhir pekan ini, kepolisian kembali memberlakukan kebijakan one way di Tol Trans Jawa, mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang hingga GT Halim Jakarta.

Arus satu arah semua lajur jalan bebas hambatan itu bakal diberlakukan selama tiga hari mulai Jumat hingga Minggu (6-8/5/2022). Meski demikian, sifatnya situasional.

Menurut Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol Romin Thaib, penerapan one way itu akan sangat tergantung pada dinamika di lapangan terutama volume tinggi kendaraan mudik yang hendak balik.

"Puncak arus balik sendiri diperkirakan terjadi pada Sabtu (7/5). Hanya saja, kita pun mempertimbangkan bahwa Senin (9/5), sudah masuk kerja, masuk sekolah, sehingga one way itu bisa sampai Senin dinihari pukul 03.00," katanya seperti dikutip dari siaran RTMC Polda Jabar, Rabu (4/5).

Baca Juga: Arus Balik di Jalur Selatan Malangbong Padat, Petugas Upayakan Roda Tetap Bergulir

Untuk itu, pihaknya memohon pengertian pengendara dari arah sebaliknya untuk mulai mempersiapkan rute alternatif terutama pada saat menggunakan ruas jalan arteri.

Mereka pun diminta tak menjadikan jadwal satu arah tersebut sebagai patokan. Pasalnya, diskresi atas kebijakan one way itu bisa membuat jadwal tersebut berubah secara dadakan karena merujuk pada kondisi terkini di lapangan.

"Bagi pengendara dari arah berlawanan dari barat ke timur, mohon menyesuaikan jalur arteri. Durasi bisa diperpanjang, karena situasional, karena bisa saja terjadi bangkitan arus. Jadi jangan menunggu jadwal karena ada diskresi kepolisian," kata mantan Kapolres Kendal dan Boyolali itu.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia U 23 di Sea Games 2021

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASDP Dukung Perhelatan Sail Tidore 2022

Minggu, 27 November 2022 | 19:03 WIB

Rambut Halim HaDe

Minggu, 27 November 2022 | 12:41 WIB

Mbah Mijan Foto Selfi dengan PM Malaysia Terpilih

Minggu, 27 November 2022 | 11:45 WIB

Mensos Risma Terima Nawacita Awards 2022

Minggu, 27 November 2022 | 07:43 WIB
X