Efek Kekhawatiran Terhadap Puncak Arus Balik, Jabar Tambah Jatah Libur Tiga Hari bagi Pelajar

- Kamis, 5 Mei 2022 | 14:51 WIB
Wagub Uu Ruzhanul Ulum
Wagub Uu Ruzhanul Ulum

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Khawatir dengan efek puncak arus balik Lebaran 2022 berupa kemacetan hebat, Pemprov melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jabar menetapkan perpanjangan libur Lebaran selama tiga hari bagi pelajar di bawah pengelolaannya.

Sekolah yang berada di bawah tanggung jawab provinsi adalah tingkat SMA, SMK, dan SLB. Para pelajarnya baru masuk sekolah pada 12 Mei 2022. Sebelumnya, mereka dijadwalkan memulai kegiatan belajar pada Senin (9/5) mendatang.

"Pemprov Jabar mengeluarkan kebijakan, khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan untuk mengantisipasi kemacetan. Pak Gubernur memberikan kebijakan masuk sekolah pada hari Kamis (12/5)," kata Wagub Uu Ruzhanul Ulum dalam keterangannya, Kamis (5/5/2022).

Dia pun menyarankan penundaan jadwal masuk sekolah tersebut bisa pula diikuti tingkatan sekolah lainnya mulai dari SD hingga SMP. Karena itu, Uu meminta para Bupati dan Wali Kota di Jabar untuk memperhatikan kebijakan tersebut.

Baca Juga: Sea Games 2022: Pelatih Timnas Vietnam U 23 Akui Indonesia Lebih Kuat Dibanding 3 Tahun Silam

"Ini supaya keluarga yang masih di kampung halaman tidak bingung. Kami yakin para keluarga tak hanya ada anak SMA, tapi ada pula yang SD dan SMP, sehingga semuanya seragam masuk pada hari Kamis," katanya.

Dengan demikian imbuh Uu, para siswa dan tenaga kependidikan di Jabar dapat lebih santai dan tidak melakukan perjalanan di puncak arus balik. Sebelumnya puncak arus balik diprediksi terjadi antara tanggal 6 - 8 Mei 2022.

"Untuk mengurai kemacetan yang terfokus  masuk kerja hari Senin, mereka bisa berangkat dari tempat mudiknya lebih santai. Harapan kami hal ini diikuti oleh Bupati dan Wali Kota," katanya.

Baca Juga: Pergerakan Arus Balik Mulai Meningkat Kemenhub Dukung Korlantas Terapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Tol

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Faktor Ini Cegah Politik Uang

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:04 WIB

Ketua DPD Dorong Pekerja Sektor Digital Dilindungi

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:42 WIB

Pemilih Muda Perlu Mendapat Perhatian Khusus

Selasa, 6 Desember 2022 | 15:28 WIB
X