Geliat Jalan Arteri Cileunyi di Puncak Arus Balik Cenderung Tak Menonjol

- Jumat, 6 Mei 2022 | 22:34 WIB
Pemudik sepeda motor melintas di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jumat (6/5). (dwy)
Pemudik sepeda motor melintas di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jumat (6/5). (dwy)

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Arus balik yang melalui jalur arteri selepas Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung terpantau ramai lancar pada H+3 Lebaran, Jumat (6/5/2022) sore. Jumat sendiri digadang-gadang sebagai bagian puncak arus balik.

Dengan ruas jalan yang cukup lebar, guyuran kendaraan pemudik dari Limbangan bisa tertampung semenjak Jalan Raya Nagreg, Parakan Muncang, Dangdeur Rancaekek, tembus Cileunyi sehingga relatif tak ada kepadatan berarti.

Kendaraan yang akan lari ke arah Jakarta dan Bandung Kota pun langsung masuk ke Simpang Susun Cileunyi tanpa sendatan. Sementara, pemudik sepeda motor juga terjejak relatif tak begitu ramai.

Dalam artian, mereka bergerak tidak dalam kelompok besar. Mereka datang dalam jarak yang renggang. Banyak di antara mereka membawa barang bawaan. Balita pun turut dalam perjalanan jarak jauh tersebut.

Baca Juga: Mudik Lebaran Kembali Diperbolehkan Setelah Dua Tahun Ditiadakan, Apa Kata Pemudik dan Pekerja di Bandara Soek

Bila pun ada kepadatan karena ruas menjelang Bunderan Cibiru memang relatif sempit sehingga terkesan padat. Selebihnya, mereka bisa memacu kendaraannya dengan leluasa.

Sementara itu, Kapolresta Bandung, Kombes Kusworo Wibowo menyatakan bahwa kondisi arus balik yang melewati wilayahnya menang cenderung mengalami peningkatan.

Meski demikian, volume kendaraan masih bisa dikendalikan. Mereka banyak melakukan penarikan-penarikan dengan memberlakukan one way terutama kendaraan dari arah Tasikmalaya dan Garut di pertigaa Cikaledong.

Bahkan pihaknya mencatat sebenarnya arus balik sebenarnya sudah terasa pada H+2, Kamis (5/5). "Kemarin itu, yang masuk GT Cileunyi hingga 41 ribu kendaraan, ini tertinggi, sedangkan yang melintas Nagreg mencapai 115 ribu," katanya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Tol Akses Patimban Ditargetkan Rampung 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:46 WIB

LMK Pelari Nusantara Beri Tali Asih Haji Ukat.

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:55 WIB
X