Masih Ada 46 Persenan Pemudik Belum Kembali, Menhub Budi Minta Perjalanan Balik Ditunda, Tidak Untuk Hari Ini

- Minggu, 8 Mei 2022 | 16:08 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi memantau di Km 70 Tol Cikampek Utama (kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi memantau di Km 70 Tol Cikampek Utama (kemenhub)

CIKAMPEK, jakarta.suaramerdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta masyarakat yang masih berada di kampung halaman untuk menunda perjalanan balik pada hari Minggu (8/5/2022).

Hal itu mengingat pergerakan kendaraan akan sangat padat. Terlebih masih ada sekitar 46 persen masyarakat yang belum kembali setelah mudik.

“Silahkan masyarakat kembali setelah hari ini. Masyarakat bisa merayakan Lebaran ketupat dulu besok. Sehingga ini akan memberikan relaksasi juga bagi kepadatan jalan,” jelas Menhub saat meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama Km 70, Minggu (8/5/2022).

Menhub mengungkapkan bahwa pada H+4, Sabtu (7/5/2022) tercatat pergerakan kendaraan mengalami puncak tertinggi. Dari Bakauheni ke Merak, pergerakan kendaraan mencapai lebih dari 37 ribu dalam sehari. Sementara, untuk jalur tol Semarang ke Jakarta mencapai 170 ribu lebih kendaraan.

Baca Juga: Komentar Juergen Klopp Usai Ditahan Imbang Spurs: Quadruple Sangat Tidak Mungkin

"Jumlah itu menjadi rekor tertinggi sepanjang pengelolaan arus mudik," katanya.

Menhub pun meminta seluruh unsur terkait untuk tetap waspada dan kompak menjaga pergerakan di arus balik supaya tetap terkendali.

Dengan adanya rekayasa lalu lintas di jalur tol Trans Jawa, katanya, waktu tempuh perjalanan terbukti menjadi lebih singkat.

“Kalau tidak ada rekayasa, perjalanan Semarang ke Jakarta itu bisa 11 jam. 30 menit. Dengan adanya rekayasa menjadi 6 jam 30 menit,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB
X