One Way di Utara, Tekanan Arus Balik di Jalan Selatan Mengendor

- Minggu, 8 Mei 2022 | 20:19 WIB
Limbangan ramai lancar, Minggu (8/5) sore. (ssstltsplrsgrt)
Limbangan ramai lancar, Minggu (8/5) sore. (ssstltsplrsgrt)

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Tekanan arus balik yang melewati jalur selatan Gentong-Malangbong-Limbangan menunjukan kecenderungan melemah di hari pamungkas puncak arus balik pada H+5 Lebaran, Minggu (8/5/2022).

Arus yang melintas cenderung tak sederas dalam empat hari terakhir. Bahkan gelagat penurunan tersebut sudah terasa pada sehari sebelumnya. Titik-titik yang kerap jadi biang kerok kemacetan tak lagi jadi mengkhawatirkan.

Lalu lintas pada saat itu cenderung ramai lancar. Kepadatan-kepadatan yang terjadi bisa dituntaskan dengan kebijakan one way sehingga kepadatan terurai. Demikian pula pada Minggu malam, situasinya relatif tak banyak berubah

Peta digital melalui maps pun menunjukan jalur legendaris mudik di selatan itu tak lagi dikeruhi warna merah apalagi merah pekat. Jalur lebih banyak menawarkan warna hijau alias lancar atau kuning, ramai lancar.

Baca Juga: Hasil Cabor Sepakbola Sea Games 2021: Myanmar Menang Dramatis Atas Timor Leste 3-2

Kondisi itu mencakup pula titik-titik sebelumnya rentan macet seperti Tanjakan Gentong, Malangbong (pertemuan arus ke Bandung-Tasikmalaya-Sumedang), dan Lewo.

Memang terekam kepadatan di antara Ciawi-Pamoyanan sebelum Gentong. Di jalur tersebut terdapat rumah makan hingga SPBU dan pertigaan sehingga diperkirakan menimbulkan kepadatan.

Di Limbangan sendiri, aktivitas lokal cukup tinggi karena terdapat simpangan selain pasar, alun-alun, dan pertokoan. Karena itu, Polres Garut kerap memberlakukan one way di kawasan itu untuk melakukan pengurasan arus dari timur ke barat termasuk pada Minggu (8/5) sore.

Baca Juga: Di Arus Balik, Soetta Cetak Rekor Tertinggi Sejak Pandemi, Tembus 1.130 Penerbangan &150 Ribu Penumpang Sehari

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Stadion Kanjuruhan Harus Diinvestigasi Total

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:11 WIB

3000 Pohon Bakau Ditanam di Pesisir Pantai Jakarta

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:03 WIB

Kapolri; Persatuan-Kesatuan adalah Kunci

Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:15 WIB

Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas Lewat Jarkom

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:36 WIB

Soal Tanam Maju, Ini Penjelasannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:44 WIB
X