Minta Harumkan Nama Bangsa, Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games Vietnam

- Senin, 9 Mei 2022 | 12:24 WIB

JAKARTA, jakarta.suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo secara resmi melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga pada SEA Games Ke-31 di Vietnam pada 12-23 Mei 2022. Dalam sambutannya pada acara pelepasan yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 9 Mei 2022, Presiden ingin agar kontingen Indonesia dapat mengharumkan nama bangsa di ajang tersebut.

"Hari ini segera akan kita lepas kontingen SEA Games Ke-31 ke Vietnam. Saya ingin kontingen yang sekarang yang tadi disampaikan oleh Menpora lebih ramping, tetapi kita semuanya masyarakat Indonesia ingin kontingen ini meraih prestasi yang setinggi-tingginya, meraih medali yang sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara kita, bangsa kita Indonesia," kata Presiden.

Pada pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara kali ini, Kepala Negara seperti dikutip dari siaran Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, ingin agar kontingen Indonesia bisa bertengger di posisi tiga besar klasemen perolehan medali. Berkaca pada beberapa SEA Games sebelumnya, Indonesia berada pada posisi kelima dan keempat.

"Saya ingat di SEA Games-SEA Games sebelumnya, di Singapura 2015 kita berada di peringkat kelima. Kemudian di Malaysia kita juga masih berada di peringkat kelima. Dan di 2019 kemarin di Filipina, kita masuk ke peringkat keempat. Kali ini kita semuanya ingin agar SEA Games Ke-31 Vietnam kita bisa masuk ke rangking yang ketiga, kedua, atau yang kesatu," ujarnya.

Baca Juga: Kerajaan Arab Saudi Ungkap Kondisi Raja Salman Usai Masuk RS: Jalani Kolonoskopi

Meskipun hal tersebut merupakan tantangan yang tidak mudah, Presiden Jokowi optimistis bahwa prestasi tersebut bisa diraih karena seleksi para atlet yang akan dikirimkan ke ajang SEA Games Ke-31 di Vietnam ini telah dilakukan dengan baik.

"Memang bukan hal yang mudah, tapi saya dengar bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu betul-betul bisa menetas," tandasnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam laporannya mengatakan bahwa pengiriman kontingen ke SEA Games kali ini berbeda dengan pengiriman ke SEA Games Ke-30 tahun 2019 di Filipina.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Manchester City Menang Telak 5-0 Atas Newcastle, Peluang Juara Semakin Terbuka

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ramalan Cuaca Jabodetabek pada Jumat, 3 Februari 2023

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:43 WIB
X