Pasca Libur Lebaran, Ridwan Kamil Justru Ingin Pola WFH Berlaku Permanen

- Senin, 9 Mei 2022 | 14:28 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil

BANDUNG , jakarta.suaramerdeka.com - Penerapan work from home (WFH) guna menekan mobilitas masyarakat pada puncak arus balik Lebaran justru bakal dipermanenkan sebagai pola baru aktivitas kerja ASN di lingkungan Pemprov Jabar.

Rencana tersebut diungkapkan Ridwan Kamil di sela-sela menjadi pembina apel usia cuti bersama Lebaran di Kantor BKD Jabar Bandung, Senin (9/5/2022).

"Jangan paksakan semua tatap muka. Kalau bisa selesai dengan zoom kenapa harus bertemu, apalagi 27 kabupaten dan kota di Jabar kan jauh-jauh, sehingga pengeluarannya kan bisa dihemat dengan teknologi," katanya.

Untuk itu, pihaknya sudah menginstruksikan BKD guna melakukan pemetaaan terhadap aktivitas-aktivitas kerja yang cukup dilakukan dengan skema WFH. Kajian itu diharapkan bisa dirilis secepatnya.

Baca Juga: Pelatih Timnas Timor Leste U-23 Kesal Dengan Jadwal Jelang Versus Indonesia

Bagi Ridwan Kamil, kebijakan soal WFH itu ingin jadi legacinya sebagai pemimpin. Lebih dari itu, dia menilai penetapan pola tersebut sebagai sebuah kebutuhan selepas pandemi Covid-19.

Dalam penilaiannya, ada sejumlah aktivitas kerja terutama ASN yang memang harus menyesuaikan seiring dengan makin pesatnya teknologi yang didorong keberadaan wabah tersebut. Jadi lebih sebagai adaptasi sistem. Klasifikasi yang dilakukan itu didekati secara digital.

"Jadi BKD harus mampu keluarkan teori baru mana yang bisa dengan WFH dan mana yang memang harus tatap muka langsung. Saya ingin ada paparan mana yang bisa permanen WFH dan mana yang tetap tatap muka, dengan begitu nantinya polanya adaptif," jelasnya.

Baca Juga: Gempa 4,6 Guncang Pangandaran, Terasa Kecil, Sebagian Tak Merasakan

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Pastikan Usut Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo

Minggu, 25 September 2022 | 21:58 WIB

Festival Film Pelajar Dihidupkan Lagi.

Minggu, 25 September 2022 | 16:50 WIB

Pakar Kasih Bocoran Tips Bisnis Gunakan Aplikasi Whatsapp

Minggu, 25 September 2022 | 14:58 WIB

LVRI Ingin Generasi Mendatang Berkarakter Kebangsaan

Minggu, 25 September 2022 | 12:48 WIB

Dubes Ukraina Tetap Diplomasi ke Yogya Meski Cedera Kaki

Minggu, 25 September 2022 | 10:32 WIB

PHE Aktif Buru Cadangan Migas dengan Teknologi Mutakhir

Minggu, 25 September 2022 | 09:32 WIB
X