Ridwan Kamil Sebut Durasi Penjabat Kepala Daerah Hanya Setahun

- Rabu, 11 Mei 2022 | 18:05 WIB
Halal bihalal di Gedung Sate Bandung
Halal bihalal di Gedung Sate Bandung

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan sejumlah calon untuk menjadi penjabat kepala daerah yang habis masa baktinya pada 2022.

Mereka, tandas Ridwan Kamil, tinggal menunggu keputusan Kemendagri. Hanya saja, dia menyebut bahwa salah satu dari sekian calon usulannya tak otomatis jadi pilihan. Pasalnya, bisa saja pejabat sekelas direktur dari kementerian yang dipercaya.

Mengingat Pilkada serentak masih dua tahun lagi, Ridwan Kamil mengaku sudah mendapat ketegasan atas berapa lama penjabat itu bisa mengisi pos kepala daerah. Hanya satu tahun, tidak lebih.

"Sudah di klarifikasi Pj itu hanya satu tahun, penjabat walikota, bupati, gubernur itu maksimal satu tahun setelah itu akan di-evaluasi bisa dilanjutkan bisa tidak. Jadi tidak serta merta kalau sudah, akan full time sampai dua sampai tiga tahun," katanya usai halal bihalal dengan sejumlah kepala daerah di Gedung Sate Bandung, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga: Farhan: Stadion GBLA Dikelola Swasta, Cokpis alias Cocok Pisan

Dalam menjabat suatu daerah, jelasnya, seorang penjabat akan diberi waktu selama satu tahun. Apabila selama satu tahun itu, kinerja yang bersangkutan memang sesuai dengan prosedur, tak menutup kemungkinan diteruskan hinga dua sampai tiga tahun. Sebaliknya, tak memuaskan, pejabat tersebut bakal dievaluasi.

Dalam kaitan itu pula, Ridwan Kamil memahami usulan untuk melibatkan peran DPRD setempat dalam penunjukan penjabat kepala daerah tersebut. Pasalnya, peran legislatif tak bisa dinafikan dalam proses pembangunan di daerah.

Lebih dari itu, Ridwan Kamil menilai dengan melibatkan anggota dewan, suasana yang terbangun akan lebih banyak memberikan manfaat bagi wilayah tersebut.

Baca Juga: Orang Tua Diimbau Waspadai Hepatitis Akut

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Pastikan Usut Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo

Minggu, 25 September 2022 | 21:58 WIB

Festival Film Pelajar Dihidupkan Lagi.

Minggu, 25 September 2022 | 16:50 WIB

Pakar Kasih Bocoran Tips Bisnis Gunakan Aplikasi Whatsapp

Minggu, 25 September 2022 | 14:58 WIB

LVRI Ingin Generasi Mendatang Berkarakter Kebangsaan

Minggu, 25 September 2022 | 12:48 WIB

Dubes Ukraina Tetap Diplomasi ke Yogya Meski Cedera Kaki

Minggu, 25 September 2022 | 10:32 WIB

PHE Aktif Buru Cadangan Migas dengan Teknologi Mutakhir

Minggu, 25 September 2022 | 09:32 WIB
X