Lebihi Target Nasional, Pusat Apresiasi Penanganan Stunting di Jabar

- Kamis, 12 Mei 2022 | 16:45 WIB
Moeldoko dan Ridwan Kamil
Moeldoko dan Ridwan Kamil

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Kepala Kantor Staf Presiden, Jenderal (Purn) Moeldoko mengapresiasi pencapaian Jawa Barat dalam menurunkan jumlah anak dengan kondisi gagal tumbuh (stunting).

Jumlah stunting di provinsi yang berbatasan dengan ibukota itu bahkan dinilai sudah berada di bawah angka nasional.

Moeldoko menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo menargetkan jumlah stunting di Indonesia tinggal 14 persen pada 2024. "Di Jabar itu sudah 13 persen, sudah di bawah target nasional," katanya di sela-sela Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga, di Kabupaten Subang, Kamis (12/5/2022).

Dengan capaian tersebut, mantan Panglima TNI itu berharap pemerintah daerah lainnya bisa menjadikan ikhtiar Jabar itu sebagai acuan dalam menurunkan jumlah stunting di wilayahnya.

Baca Juga: Pemerintah Daerah tidak Diperkenankan Tambahkan Persyaratan Lain

"Jawa Barat sudah berhasil, sudah mendahului nasional. Pemerintah daerah supaya melihat Jawa Barat sebagai benchmarking, sebagai upaya untuk memperbaiki stunting apabila daerah-daerah lain belum sesuai," jelasnya.

Moeldoko pun menegaskan bahwa penurunan stunting sebagai program strategis nasional. Kehadirannya di Subang, dijelaskannya, untuk memastikan upaya-upaya yang diambil tepat sasaran dan berhasil mengurangi jumlah anak dengan kondisi gagal tumbuh.

"Saya hadir untuk mengawal dan memastikan program strategis nasional ini bisa berjalan dengan baik. Antistunting adalah program strategis nasional, harus dikawal," tuturnya.

Baca Juga: Pemerintah Kerahkan Seluruh Sumberdaya Atasi Hepatitis Akut

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Kanjuruhan Jangan Sampai Terulang

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:59 WIB
X