Ada Rp 400 Triliun untuk Beli Produk Lokal, Pelaku UMKM Diminta Ramai-ramai Daftar Masuk e-katalog

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:55 WIB
Suasana KKJ-PKJB 2022 di Bandung, Sabtu (14/5/2022). (dwy)
Suasana KKJ-PKJB 2022 di Bandung, Sabtu (14/5/2022). (dwy)



BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Menyusul keberpihakan pemerintah dalam menyerap produk-produk lokal, UMKM didorong untuk menghadirkan produk terstandar sehingga bisa masuk e-katalog pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Karena ini merupakan sebuah kans besar. Belanja pemerintah itu bisa Rp 400 triliun. Jadi UMKM ini perlu dibina, artinya masuk e-katalog," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono di sela-sela pembukaan Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ- PKJB) 14-16 Mei 2022 di Bandung, Sabtu (14/5/2022).

Menurut dia, dengan langkah keberpihakan itu pemerintah menjadi semacam penjamin pembelian produk UMKM. Karenanya, komitmen pemberdayaan terhadap produk-produk dalam negeri tak perlu lagi diragukan.

"Off takernya pemerintah. Itu sudah diwajibkan. Termasuk BI, Pemda hingga Dekrasnada itu support penuh," kata Ketua Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (KAFEB UNS) itu.

Baca Juga: Klasemen Medali SEA Games 2021: Tuan Rumah Vietnam Memimpin, Indonesia Salip Malaysia

Harapan serupa dilontarkan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Dia pun mendorong pelaku UMKM untuk segera mengambil kesempatan tersebut. Untuk itu, tak ada salahnya untuk menyesuaikan sehingga produknya memenuhi standar.

"Karena dengan kebijakan itu, diarahkan 40 persen belanja pemerintah itu harus UMKM. Dengan demikian ini menjadi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk unjuk diri menghadirkan produk berkualitas," jelasnya.

Dalam perkiraannya, anggaran Pemda yang siap digelontorkan untuk kebijakan tersebut bisa mencapai Rp 160 triliun. Jadi, kata Ridwan Kamil, UMKM harus segera melakukan registrasi ke e-katalog.

Baca Juga: Jasa Raharja: Animo Mudik Tinggi, Jumlah Laka & Korban Tunjukan Penurunan

Sedangkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar, Herawanto menyatakan bahwa pihaknya terus berupaya mengangkat produk-produk UMKM menjadi barang unggulan.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keren, Anak Indonesia Unjuk Teater di Jepang

Senin, 23 Mei 2022 | 06:23 WIB

Puan Dinilai Bisa Lanjutkan Program Jokowi

Minggu, 22 Mei 2022 | 15:42 WIB

DAMRI Terapkan Syarat Perjalanan Terbaru

Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:15 WIB
X