Pengamat Nilai Prabowo - Puan Pasangan Ideal bagi Jokowi

- Minggu, 15 Mei 2022 | 11:25 WIB
Direktur Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo. (suaramerdeka.com / dok)
Direktur Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Presiden dan wakil presiden mendatang, tentu diharapkan dapat melanjutkan program pembangunan yang sudah berjalan. Selain itu, Presiden Joko Widodo tentu tidak ingin ada proyek pembangunan yang mangkrak.

"Saya menduga, hal itu akan menjadi pertimbangan Pak Jokowi. Sehingga, nama Prabowo Subianto - Puan Maharani adalah pasangan capres dan cawapres yang paling rasional dengan keinginan Pak Jokowi," kata pengamat politik dari Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo, Minggu (15/5).

Menurutnya, kedua nama tersebut merupakan pilihan paling ideal bagi Presiden, ketimbang pasangan lainnya. Karenanya, dia optimis figur Prabowo - Puan dapat dipercaya oleh Jokowi.

"Khususnya untuk melanjutkan program pembangunan strategis yang sudah dicanangkan dan dijalankan oleh Presiden Jokowi. Selain itu, kedua figur tersebut juga lebih bisa dipercaya ketimbang calon lainnya," ujar dia.

Dikatakan, Jokowi diyakini akan mendukung pasangan calon capres dan cawapres pada Pemilu 2024, yang memiliki komitmen melanjutkan sejumlah program pembangunan pemerintahannya. Pertimbangan itu akan dilakukan Jokowi, sebagai upaya agar tidak ada pekerjaan di eranya yang mangkrak.

"Saya duga Pak Jokowi akan berfikir ke sana. Kendati demikian, saya tidak dapat memastikan apakah pasangan Prabowo - Puan sudah menjadi keputusan politik untuk ikut dalam kontestasi di Pemilu 2024," tandasnya.

Evaluasi
Sebab, akan ada periode atau waktu tertentu untuk melakukan evaluasi. Khususnya sebelum memutuskan dan atau kemungkinan masih akan bisa berubah.

Hal senada sebelumnya juga disampaikan pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Robi Sugara. Dia menilai, Jokowi dan Megawati Soekarnoputri akan berperan penting dalam pertarungan Pilpres 2024 mendatang.

"Keduanya adalah king maker dan saya menilai, pilihan rasional secara politik dari keduanya adalah memadukan Prabowo - Puan dalam Pilpres 2014. Sebab, pasangan ini sangat berpeluang," tegasnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Pertagas Raih 4 Penghargaan CSR & PDB Award 2023

Rabu, 1 Februari 2023 | 18:57 WIB

Gudang Kripto Gandeng Mahasiswa UNJ Bangun Negri

Rabu, 1 Februari 2023 | 15:48 WIB

Aliando Syarief Sambangi Coach Rheo

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:48 WIB

Rian Ernest Resmi Jadi Kader MKGR

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:21 WIB

Instruksi Jokowi, Stabilkan Harga Beras!

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:43 WIB
X